Quraish Shihab Sebut Umat Islam Berdosa Tak Patuhi Pemerintah Soal Covid-19

  • Whatsapp
Quraish Shihab
Hasil tangkap layar tayangan Youtube BNPB.

Inisiatifnews.com Tokoh agama Islam, Habib Muhammad Quraish Shihab mengajak umat Islam untuk mematuhi imbauan pemerintah dan para ahli serta protokol kesehatan agar beribadah di rumah saja selama wabah Covid-19 masih berlangsung di Indonesia.

Ayah kandung Najwa Shihab itu bahkan sampai menyebut, bahwa aturan tersebut wajib diikuti oleh seluruh Umat Islam, karena perintah tersebut pun tidak bertentangan dengan agama.

Bacaan Lainnya

“Selama apa yang diperintahkan tidak bertentangan dengan tujuan agama. Jadi adalah kewajiban warga untuk mengikuti kebijakan pemerintah yang didukung oleh para ahli,” kata Quraish Shihab melalui video conference yang disiarkan oleh akun Youtube BNPB, Jumat (24/2/2020).

Ia menerangkan bahwa imbauan pemerintah untuk berdiam diri dan beribadah dari rumah merupakan langkah terbaik dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Quraish Shihab menyarankan agar umat Islam mengisi kegiatan di rumah dengan ibadah yang bermanfaat selama bulan suci Ramadhan.

“Yang terbaik sekarang adalah di rumah. Lakukan aneka aktivitas yang sesuai dengan nilai-nilainya,” ucap Quraish.

Ahli Tafsir Al Quran itu pun mengingatkan, bahwa umat Islam bisa berdosa bila tidak mengikuti ketetapan tersebut. Hal itu karena sejalan dengan tuntunan dari agama.

“Sehingga bisa dikatakan, berdosalah mereka yang melanggar ketetapan itu. Berdosalah mereka yang tidak mengikuti ketentuan-ketentuan itu. Karena apa yang ditetapkan tidak bertentangan dengan ajaran agama,” tuturnya. []

Pos terkait