Tetap Dirumah, Wapres Nilai Pahala Ibadah Ramadan Tahun Ini Bisa Lebih Besar

  • Whatsapp
maruf amin
Wapres KH Maruf Amin dan istri Wury Estu Handayani saat menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (Rakernas IPPNU) di PP. Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.

Inisiatifnews.com – Wakil Presiden KH Maruf Amin mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk sabar dan tawakal menghadapi Covid-19 di bulan Ramadan.

Orang nomor dua di Republik Indonesia itu ingin agar masyarakat untuk sabar tetap berada di rumah sebagai salah satu ikhtiar memutus mata rantai penyebaran virus Korona.

Bacaan Lainnya

“Kesabaran kita bukan hanya sabar menahan diri, tidak makan tidak minum, tapi tidak untuk keluar rumah, ibadah di rumah untuk belajar di rumah, bekerja dari rumah dan tentu sabar menahan diri. Jadi kesabaran kita lebih diperlukan,” kata Kiai Maruf saat live virtual dalam acara ‘konser musik amal dari rumah’, Sabtu (25/4) malam.

Dengan situasi melawan pandemik ini, mantan Rais Aam PBNU itu pun berharap amal baik dan pahala ibadah umat Islam di Indonesia bisa lebih besar lagi.

“Jadi insya Allah Ramadan kali ini pahalanya lebih besar, karena banyak hal yang harus dihindari dibanding ramadan-ramadan sebelumnya,” sambungnya.

Kiai Maruf juga terus mengimbau masyarakat untuk menjalani ibadah Ramadan di rumah. Menurutnya, masyarakat tidak perlu menjalankan ibadah tarawih ke masjid berjamaah untuk mencegah penularan virus. Dia bilang, agama mengajarkan untuk tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

“Untuk mencegah itu maka kita harus menghindari kumpul-kumpul, termasuk salat jamaah. Karena salat tarawih itu sunnah saja, karena itu tidak mengurangi kekhusyukan, bahkan pahalanya jadi lebih besar pada saat seperti ini, (jadi) di rumah,” tuturnya.

Selain itu, Maruf ingin masyarakat saling membantu tanpa harus mengandalkan bantuan sosial yang diberikan pemerintah saja.

“Tetapi juga partisipasi masyarakat karena situasi ekonomi masyarakat kita sedang terguncang,” ucap petinggi MUI itu. [REL]

Pos terkait