Nostalgia Ke Ponpes Al-Mardliyyah Pamekasan

Mahfud MD Sambangi Bilik Kamar Sederhana & Pemandian Zaman Nyantri

  • Whatsapp
20200801 132705
Menko Polhukam Mahfud MD saat menyambangi kolam 'sumber lageh' tempat mandinya dulu saat nyantri di Ponpes Al-Mardliyyah, Waru, Pemekasan, Jumat (31/7).

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) melangsungkan tradisi Idul Adha Tellasen Arerajah atau Tellasen Ajjih di kampungnya, Pamekasan, Madura, Jumat (31/7).

Mahfud pun menyempatkan diri menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mardliyyah, Waru, Pamekasan, Madura, tempat dia dulu nyantren waktu kecil.

Bacaan Lainnya

Mahfud datang mendadak. Sehingga pengasuh Ponpes Al-Mardliyyah KH. Sihabuddin tidak mempersiapkan penyambutan.

“Sengaja saya tidak memberi tahu terlebih dahulu. Takut nanti ramai-ramai. Lebih enak sepi begini, apalagi situasi lagi pandemi Covid-19,” ujar Mahfud memakai batik cokelat sembari keliling Ponpes dengan memakai masker.

Untuk menjaga physical distancing, Mahfud datang hanya ditemani Staf Khusus Menko Polhukam Imam Marsudi, Koordinator Sahabat Mahfud MD Jawa Timur yang juga Bakal Calon Wali Kota Surabaya Firman Syah Ali yang akrab disapa Cak Firman, dan Kapolres Pamekasan Djoko Lestari, serta sejumlah anggota keluarga Mahfud MD.

Pertama, Mahfud melihat-lihat tanah calon lokasi pengembangan ponpes. Setelahnya, Mahfud bernostalgia mampir ke biliknya saat nyantri di ponpes ini. Biliknya panggung kecil, sederhana, terbuat dari kayu.

“Ini kamar saya dulu. Sekarang masih ditempati? Ada santrinya di sini?” tanya Mahfud. “Masih Prof,” jawab KH. Sihabuddin.

Setelahnya, Mahfud menuju semacam kolam besar, tempat dia dulu mandi bersama santri lainnya.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini pun mengunggah sejumlah foto ia tengah bernostalgia di ponpesnya di instastory Instagram resminya @mohmahfudmd.

“Ada yang namanya ‘sumber lageh’ tempat saya kecil mandi saat mondok di pesantren Al Mardliyyah. Memori indah anak pesantren. Yang alumni pesantren atau masih mondok, ayo ngacung. He he,” tulis Mahfud sebagai caption foto.

Setelahnya, Mahfud berziarah ke Makam Pendiri Ponpes yang sekaligus guru ngaji Mahfud kecil, yaitu Almaghfurlah K.H Mardliyyan. Dalam kesempatan tersebut, K.H. Sihabuddin mendoakan Mahfud MD selalu dibimbing dan dilindungi Allah dalam menjalankan amanahnya. (FMM)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait