Inilah Doa Nabi Muhammad SAW Minta Dijauhkan dari Bencana

  • Whatsapp
berdoa
Ilustrasi.

Inisiatifnews.com – Indonesia masih dilanda beberapa musibah bencana alam yang membuat masyarakat resah, khususnya di awal tahun 2021 ini. Mulai dari gempa bumi di kawasan Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan hingga mengakibatkan banjir bandang dan kerusakan tempat tinggal, kemudian gunung erupsi di Merapi dan Semeru, serta yang baru-baru ini terjadi adalah banjir bandang di kawasan Cisarua Bogor, Jawa Barat.

Sebagai hamba Tuhan yang baik, tentu meyakini bahwa berbagai bencana dan musibah yang melanda tidak lepas dari kehendak-Nya. Karena segala sesuatu yang terjadi tidak akan terjadi bila Tuhan tidak mengizinkannya.

Bacaan Lainnya

إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

Sesungguhnya urusannya-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, Jadilah, Maka jadilah ia“. QS Yaasin ayat 82.

Namun ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan Imam Tirmidzi, di mana Rasulullah SAW mengajarkan sebuah doa agar kita diberikan perlindungan dari Allah SWT dari segala macam bala-Nya.

Doa tersebut adalah ;

بِسْمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ العَلِيمُ

Dengan menyebut nama Allah Yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang membahayakan di bumi dan tidak juga di langit, dan Dialah Yang Maha Mendegar lagi Maha Mengetahui“.

Di dalam hadist tersebut, disunnahkan untuk membacanya 3 (tiga) kali setiap pagi dan petang, dengan harapan Allah SWT selalu memberikan perlindungan kepada kita para hamba-Nya dari berbagai macam bahaya dan keburukan yang ada di dunia.

مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ فِي صَبَاحِ كُلِّ يَوْمٍ وَمَسَاءِ كُلِّ لَيْلَةٍ : بِسْمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ العَلِيمُ ، ثَلاثَ مَرَّاتٍ ، إِلاَّ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ

Amalkan sunnah Nabi tersebut agar Indonesia tetap dijaga dari berbagai keburukan dan bala. Amin.


Pos terkait