Habib Nabiel Al Musawa Ajak Indonesia Istighosah Kubro

  • Whatsapp
Nabiel Al Musawa
Habib Nabiel bin Fuad Al Musawa.

Inisiatifnews.com – Dewan Syuro Majelis Rasulullah SAW, Habib Nabiel bin Fuad Al Musawa menuturkan bahwa, banyaknya bencana dan musibah yang melanda negeri tentu tidak bisa serta merta dilepaskan dari histori tingkah laku manusianya.

Apalagi khususnya di Indonesia, bencana demi bencana tengah melanda. Mulai dari gunung meletus dan erupsi gunung berapi, tanah longsor, banjir bandang, gempa bumi bahkan yang masih melanda masyarakat hampir di seluruh dunia adalah wabah penyakit Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Di antara penyebab turunnya musibah, sebagian besar ialah karena perbuatan manusia itu sendiri, baik ia sebagai rakyat maupun sebagai pemerintah,” kata Habib Nabiel dalam nasehatnya, Rabu (27/1/2021).

Seperti yang termaktub di dalam Alquran Surat Ar-Rum ayat 411.

ظَهَرَ ٱلْفَسَادُ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِى ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ ٱلَّذِى عَمِلُوا۟ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Allah SWT berfirman, “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (dampak) perbuatan mereka. Semoga mereka kembali (ke jalan yang benar).” [Surat Ar-Rum : 41].

Untuk itu, jalan terbaik menyikapi berbagai musibah yang melanda negeri, ia menyarankan agar ada taubat nasuha yang dilakukan secara serempak di seluruh Indonesia.

Taubat ini sebagai bagian dari ajang untuk melakukan instrospeksi diri sekaligus meminta ampunan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Maka jalan keluarnya adalah seluruhnya wajib bertaubat kepada Allah SWT,” ujarnya.

Karena ia meyakini, bahwa musibah apapun yang terjadi tidak akan lepas pula dari kehendak Sang Ilahi.

“Semua musibah itu diturunkan hanya dengan izin Allah SWT dan orang-orang yang beriman baik masyarakat maupun pemerintah wajib kembali kepada Allah SWT saat ditimpa bencana,” terangnya.

Ia pun mengutip sebuah ayat dari Alquran Surat At Taghabun ayat 11.

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ ۚ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Allah SWT berfirman, “Tak ada satu musibah pun yang menimpa seorang kecuali dengan izin Allah. Barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya ia akan memberi petunjuk pada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [QS At-Taghabun : 11]

Atas dasar itu semua, ia menyampaikan bahwa para ulama dan umara akan menggelar muhasabah dan istighosah untuk negeri yang dilakukan secara virtual langsung dari Masjid Istiqlal Jakarta.

IMG 20210128 WA0009

Acara istighosah kubro tersebut akan digelar pada hari Kamis 28 Januari 2021 pukul 20.00 WIB sampai 21.30 WIB, dan disiarkan secara langsung melalui beberapa stasiun televisi yakni iNewsTV dan TVRI. Begitu juga acara bakal disiarkan langsung melalui channel Youtube Official TVMUI. [RED]


Pos terkait