Resmikan Masjid At-Tanwir, PP Muhammadiyah Ingin Cetak Generasi Berkemajuan

  • Whatsapp
masjid at tanwir pp muhammadiyah
Masjid At-Tanwir PP Muhammadiyah. [source : Masjiduna]

Inisiatifnews.com – Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, KH Abdul Mu’ti menyampaikan bahwa Masjid At Tanwir adalah tempat ibadah dan sarana prasarana keumatan untuk mencetak generasi yang berkemajuan.

“Ini yang kami sebut sebagai Masjid generasi baru Muhammadiyah. Masjid ini kita berikan nama At Tanwir sebagai bagian dari upaya kita untuk menjadikan masjid ini sebagai tempat pencerahan dan bagaimana kita membangun keberagaman Islam yang berkemajuan,” kata kiai Mu’ti dalam sambutannya di acara peresmian Masjid At-Tanwir PP Muhammadiyah di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/3/2021).

Masjid At-Tanwir ini memiliki 6 lantai yang memiliki fungsi masing-masing. Menurut keterangan dari kiai Mu’ti, bahwa lantai pertama dari gedung baru tersebut adalah untuk kegiatan wudlu.

“Lantai bawah itu untuk tempat wudlu dan berbagai hal yang berkaitan dengan toharoh (bersuci),” jelasnya.

Kemudian untuk lantai dua sampai empat, digunakan untuk kegiatan peribadatan baik yakni shalat berjamaah.

“Lantai dua, kita gunakan sebagai lantai utama untuk pelaksanaan ibadah shalat jamaah, shalat Jumat dan sebagainya. Lantai tiga dan empat masih untuk shalat jamaah khususnya jamaah perempuan,” terangnya.

Sementara itu, untuk lantai lima digunakan bagi kegiatan meeting dan arena baca. “Lantai lima ada meeting room dan juga perpustakaan,” sebutnya. Dan lantai keenam adalah ballroom yang bisa digunakan untuk kegiatan serbaguna. “Lantai 6 adalah aula yang bisa kita gunakan untuk berbagai kegiatan,” lanjut kiai Mu’ti.

masjid at tanwir pp muhammadiyah
Masjid At-Tanwir. [source : dokumen PP Muhammadiyah]

Teknologi terbarukan

Salah satu yang menjadi kebanggaan di dalam bangunan Masjid At-Tanwir ini adalah bagaiman mereka memperhatikan betul tentang menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya adalah dengan menempatkan panel surya sebagai salah satu sumber energi terbarukan untuk kebutuhan pasukan listrik.

“Masjid ini menggunakan tenaga surya. Jadi di lantai atas itu adalah panel surya bertenaga matahari dan kebetulan Muhammadiyah itu simbolnya matahari,” jelas kiai Mu’ti sembari tertawa.

Selain itu, untuk air bekas wudlu dan bersuci lainnya, Muhammadiyah akan memanfaatkannya untuk kebutuhan yang juga tidak kalah bermanfaat lainnya.

“Air yang di bawah di lantai 1 yang bekas wudlu kita recycle untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat kebersihan, dan itu juga bagian dari upaya kita untuk menghemat air sebagai bagaian dari upaya kita untuk melestarikan lingkungan,” paparnya.

Pembangunan masjid

Lebih lanjut, orang nomor dua di organisasi bentukan almarhum KH Ahmad Dahlan itu menyampaikan, bahwa proses pembangunan masjid tersebut memang sempat mengalami kendala. Yang paling kentara adalah tentang pasokan jumlah tenaga kerja proyek gedung serta distribusi bahan material.

Namun, kendala-kendala yang dialami ditekankan kiai Mu’ti bukan karena persoalan dana yang kurang, melainkan penyesuaian karena masa pandemi COVID-19 hingga diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta.

“Kendala dana, tidak ada sama sekali. Jadi kalau terlambat, bukan karena dananya kurang,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, kiai Mu’ti juga menyebut bahwa dana yang telah dihabiskan untuk proyek pembangunan masjid At-Tanwir tersebut mencapai angka Rp31 miliar.

“Terima kasih kepada para donatur, para jamaah yang telah mendukung pembangunan masjid ini. Angkanya sekitar Rp 31 Miliar lebih sedikit,” jelasnya.

Masih di dalam kesempatan tersebut, secara khusus ia juga menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada beberapa instansi yang mendukung proses pembangunan masjid di kompek kantor PP Muhammadiyah itu.

Terima kasih itu disampaikan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thori yang telah memberikan instruksi kepada para jajaran di bawahnya untuk ikut membantu proses pembangunan masjid tersebut.

“Jadi amalnya Menteri itu cukup instruksi dan itu ternyata alhamdulillah hasilnya luar biasa,” sebut kiai Muti.

peresmian masjid at tanwir
Menteri BUMN Erick Thohir, Menko PMK Muhadjir Effendi dan Sekum PP Muhammadiyah KH Abdul Mu’ti.

Kemudian, rasa terima kasih juga disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Panitia Penyelenggara Kesehatan Haji (PPKH) yang ikut berdonasi untuk mensukseskan program pembangunan masjid At-Tanwir itu. Begitu juga kepada para donatur yang juga tidak bisa ia sebutkan satu persatu.

“Mudah-mudahan amal sholeh amal jariyah yang telah disalurkan mendapatkan balasan terbaik dari Allah SWT,” pungkasnya. [RED]