Ramadan Pungkasan, Mahfud Ajak Umat Tingkatkan Kualitas Ibadah

  • Whatsapp
Mahfud MD
Menko Polhukam, Prof Mohammad Mahfud MD saat mengikuti salat Tarawih berjamaah di Masjid Istiqlal Jakarta pada hari Jumat 16 April 2021. [foto : Junaidi/Inisiatifnews]

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD mengajak kepada seluruh umat Islam di Indonesia untuk lebih meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT.

Hal ini lantaran pada hari ini, adalah hari terakhir bulan suci Ramadan 1442 H, dan esok sudah tiba Hari Raya Idulfitri.

Bacaan Lainnya

“Hari terakhir Ramadan 1442 H. Bersyukur mengingat ibadah-ibadah yang bisa dikerjakan,” kata Mahfud MD, Rabu (12/5/2021).

Mahfud juga menyeru untuk bermuhasabah diri tentang ibadah yang telah dilewatkan sepanjang bulan suci Ramadan.

“Bersedih melewatkan kesempatan beribadah karena diabaikan. Baik ibadah ritual maupun ibadah sosial,” imbuhnya.

Untuk itu, alumni Pondok Pesantren al Mardliyah, Waru, Pamekasan, Madura mengajak kepada seluruh umat Islam untuk berdoa kebaikan panjang umur dan bisa bertemu kembali di bulan Ramadan tahun depan.

“Ya Allah panjangkanlah umur hamba, berilah kesempatan untuk bertemu Ramadan lagi,” ucapnya.

Doa akhir Ramadan

Ada beberapa amalan doa yang bisa dibaca di hari ini. Berikut adalah beberapa di antaranya :

أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Bacaan latin: Allahumma laa taj’alhu aakhiral ‘ahdi min shiyaamina iyyaah, fa-in ja’altahu faj’alnii marhuuman wa laa taj’alnii mahruuma.

Artinya: “Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang hampa semata.”

Kemudian, ada doa lainnya yang dianjurkan dan dapat dibaca pada malam menjelang Hari Raya Idulfitri, berikut bacaannya:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ

Bacaan latin: Taqabbalallahu minna wa minkum.

Artinya: “Semoga Allah menerima amal kita.”

Doa minta ampunan kepada Allah SWT di bulan suci Ramadan.

اَللَّهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Bacaan latin : Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’.

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya Engakau Dzat Maha Pengampun, dan menyukai memberikan pengampunan kepada hamba-Nya, maka ampunilah kesalahanku.”

Waktu doa mustajabah

Keutamaan membaca doa di malam penghujung bulan Ramadan tertuang dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Dailani yang dikutip dari buku Misteri Kedua Belah Tangan dalam Shalat, Zikir, dan Doa karya DR. KH. Badruddin Hasyim Subky, M. HI, Rasulullah bersabda:

“Ada lima malam di mana doa tidak akan tertolak, yaitu malam pertama bulan Rajab, pertengahan dari bulan Sya’ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.” (HR. Ibnu Dailani).

[NOE]

Pos terkait