Khotbah Mahfud MD di Den Haag: Ibadah Ritual Harus Diikuti Ibadah Sosial

Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud MD saat berada di Den Haag, Belanda.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa ibadah fadlu seperti puasa Ramadan, shalat lima waktu dan lain sebagainya adalah sesuatu yang memang tidak boleh ditinggalkan.

Karena ibadah tersebut adalah wujud ketakwaan seorang hamba kepada Tuhannya.

Bacaan Lainnya

“Shalat jum’at, puasa ramadhan, thawaf, ibadah haji, shalat lima waktu, dan lain-lain yang sifatnya ritual adalah bentuk-bentuk ibadah mahdhah untuk mengimplementasikan ketaqwaan kita kepada Allah,” kata Mahfud dalam khotbah Jumat di Masjid Al-Hikmah, Den Haag, Belanda, Jumat (10/6).

Hanya saja, ibadah tersebut harus dibarengi dengan ibadah muamalah, dimana target kebaikannya ditujukan kepada sesama manusia, bahkan kehidupan lainnya sebagai makhluk sosial.

“Tetapi ibadah ritual (mahdhah) tidak akan banyak manfaatnya jika tidak diikuti dengan ibadah sosial (ghairu mahdhah, muammalah) di dalam kehidupan sosial sehari-hari,” ujarnya.

Di dalam materi khotban dengan tema “Worship and Morality as Implementation of Taqwa” tersebut, Mahfud mengajak semua jamaah untuk tidak melupakan ibadah sosial setelah atau diluar ibadah ritual seperti shalat Jumat tersebut.

“Menolong kaum dhuafa seperti orang miskin dan anak yatim, menghormati hak asasi manusia, menjaga kelestarian lingkungan, berlaku adil, bersikap kesewargaan atau kosmopolitan dalam hidup berbangsa dan bernegara merupakan bagian dari ibadah sosial,” tuturnya.

Jamaah Masjid Al-Hikmah
Para jamaah Masjid Al-Hikmah, Den Haag, Belanda, saat menjalankan shalat Jumat pada tanggal 10 Juni 2022. [foto : Humas Polhukam]

Hadir pula pada shalat Jum’at di masjid yang dikelola oleh KBRI Den Haag ini Duta besar RI di Den Haag, Mayerfas.

Menko Polhukam Mahfud MD berkunjung ke Den Haag dalam rangkaian kunjungan ke Belanda dan Swiss. Di Belanda Mahfud menjadi keynote speaker pada acara The 7th Interfaith Dialogue “Religion in Colonization and Decolonization: Indonesian-Dutch Confrontation, Confirmation, Transformation” yang diselenggarakan oleh NICMCR dan PCINU Nederland.

Selain memberi keynote speech dan mengisi khuthbah shalat Jumat di Den Haag, Mahfud MD juga menghadiri silaturrahim dengan warga Indonesia dan peserta Interfaith Dialogue di KBRI dalam acara gala dinner yang diselenggarakan oleh KBRI Den Haag.

Sabtu malam (11/6/22) ini Menko Mahfud akan melakukan dialog dgn warga Indonesia yang bertempat di Masjid Al-Ikhlas, Amsterdam.

Dari Nederland, Menko Polhukam Mahfud MD akan meneruskan kunjungan ke Jenewa, Swiss, untuk menyampaikan statement Pemerintah Indonesia tentang komitmen pemajuan Hak Asasi Manusia di Sidang ke 50 Dewan HAM PBB. Pada Senin (13/6/22) Mahfud akan menyampaikan statement Indonesia pada “The 50th Session of the Human Rights Council” di markas Dewan HAM PBB di Jenewa.

Pos terkait