Gus Miftah Posting Makna Haji Mabrur Menurut Mahfud MD

Mahfud MD
Menko Polhukam, Mahfud MD.

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Mohammad Mahfud MD bertemu dengan KH Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah saat berwukuf di tanah Arafah.

Di momentum kebersamaan itu, seperti biasa Gus Miftah membuat konten testimoni kebaikan dan saat ini konten tersebut dilakukan bersama Mahfud MD.

Bacaan Lainnya

Gus Miftah pun meminta pesan baik dari Tanah Arafah kepada Mahfud MD yang saat itu tengah bersama dirinya.

“Prof, apa pesan Arafah hari ini?,” tanya Gus Miftah.

Kemudian, Mahfud MD pun ikut nimbrung dan memberikan pesan kebaikan tentang makna haji di akun Instagram Gus Miftah itu.

Menurut Mahfud, tujuan seseorang berhaji adalah untuk menyempurnakan keislaman, karena haji adalah bagian dari rukun Islam yang kelima.

Alhamdulillah kita bisa memanggil kembali pesan Nabi untuk masuk ke hati dan pikiran kita. Mudah-mudahan sesudah pulang kita bisa istiqomah untuk melaksanakan pesan-pesan Rasul. Dan kita berhaji untuk menyempurnakan keislaman kita,” kata Mahfud MD.

Selanjutnya, tokoh Islam asli Madura itu pun mengatakan bahwa setelah melakukan perjalanan ibadah yang menjadi bagian dari syariat Islam itu, maka kebaikan-kebiakan ajaran Nabi Muhammad SAW harus diteruskan secara istiqomah sejak pulang dari Tanah Suci sampai kapanpun.

“Dan kalau mabrur itu artinya berkelanjutan dengan kebaikan, sehingga kita akan melanjutkan semaunya dari hati, bisa melanjutkan perjalanan hidup ini yaitu dengan secara lebih baik,” tuturnya.

Sebagai penutup, Gus Miftah pun membuat guyonan. Bahwa Istiqomah bukan perbuatan yang mudah, karena banyak sekali godaan dan tantangan yang bakal menghampiri.

“Istiqomah pasti berat, kenapa? karena kalau mudah itu istirahat,” celetuk Gus Miftah yang dibarengi gelak tawa keduanya.

Pos terkait