PPP Harap Pemerintah Pastikan Indonesia Bebas Virus Corona

  • Whatsapp
Anas Thahir
Anggota DPR RI, Anas Thahir.

Inisiatifnews.com – Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PPP, Anas Thahir mengharapkan pemerintah Indonesia khususnya melalui Kementerian Kesehatan untuk benar-benar memastikan wabah virus Corona tidak masuk ke Indonesia.

Apalagi penyebaran virus yang menyerang sistem pernafasan asal Kota Wuhan itu kabarnya sudah mewabah ke beberapa negara di ASEAN seperti Singapura, Thailand, Malaysia dan Vietnam.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap Kementerian Kesehatan bekerja keras untuk mencegah dan mengantisipasi masuknya virus corona ke Indonesia,” kata Anas, Minggu (26/1/2020).

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh Kementerian Kesehatan menurut Anas adalah, dengan menjalin kerjasama yang efektif dengan penyelenggara transportasi baik udara, laut maupun darat untuk menyaring pelancong yang masuk ke wilayah Indonesia.

“Kemenkes harus bisa memastikan bahwa kerja sama dengan otoritas tranportasi berjalalan dengan efektif, sehingga semua orang yang masuk ke Indonesia, baik melalui bandara, terminal, dan pelabuhan bisa dipastikan terbebas dari virus corona,” ujarnya.

Jika dalam upaya screening itu didapati ada orang yang terjangkit agar cepat dilakukan karantina secara dini agar tidak ada penyebaran yang mengkhawatirkan.

“Jika terdeteksi ada orang yang terjangkit virus corona masuk ke Indonesia, Kemenkes harus mengkarantina terhadap orang tersebut, jangan sampai virus menyebar ke orang lain. Sebab akan menyebabkan penularan kepada orang lain dan menyebar luas,” harapnya.

Lebih lanjut, ia juga meminta kepada Kementerian Kesehatan agar sigap melakukan penelitian terhadap potensi munculnya varian virus yang manyasar sistem pernafasan manusia itu. Karena ia menilai bahwa evolusi virus tetap bisa terjadi di kemudian hari.

“Di masa mendatang, potensi munculnya virus-virus baru, khususnya virus flu masih bisa terjadi. Oleh karena itu Kemenkes harus bisa meningkatkan kualitas layanan serta mengembangkan penelitian dan pengembangan (Litbang) untuk mengantisipasi kemunculan virus baru,” pungkasnya.

Selain imbauan kepada pemerintah, Anas juga mengimbau kepada masyarakat secara individual yang terjangkit virus mematikan itu agar kooperatif dengan pemerintah maupun instansi kesehatan terkait.

“Bagi warga yang terdeteksi terjangkit virus corona harus kooperatif dengan pihak-pihak yang berwenang agar bisa mencegah orang lain dari penyakit ini,” tegas Anas.

“Ikuti semua intruksi dan arahan petugas, termasuk jika mereka harus dikarantina,” imbuhnya. [NOE]

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait