Tangani Virus Corona, Indonesia Dipuji Dunia

  • Whatsapp
mahfud md
Jumpa Pers Menko Polhukam tentang virus Corona. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD menyebut, dunia internasional memuji kesigapan Indonesia mengahadapi virus Corona.

Terutama terhadap langka evakuasi dan observasi 237 WNI dari Kota Wuhan, China, tempat kali pertama virus ini merebak. Jika dibandingkan secara umum dengan 38 negara lainnya yang sudah melakukan hal yang sama, Indonesia disebut lebih sigap.

Bacaan Lainnya

“Indonesia dipuji oleh dunia internasional, karena dinilai paling cepat akurat dan tepat dalam menangani masalah ini,” ujar Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (04/02/2020).

Di tempat yang sama, Menteri KesehatanTerawan Agus Putranto menambahkan, media asing telah memberikan pujian atas prosedur tetap (protap) lemerintah Indonesia yang runut dan teratur.

Negara lain tidak sesigap dan sesiap Indonesia dalam mengantisipasi dan menghadapi wabah virus Corona. Contohnya Inggris, masyarakatnya tidak mengenakan alat pelindung diri (APD) saat mengevakuasi warga negaranya.

“Inggris saja di-bully karena supirnya tidak pakai masker, tidak pakai alat pelindung diri. Padahal sedang membawa warga ke tempat militernya itu 200 km lebih, tidak pakai APD. Nah, ini Indonesia lengkap semua, semua memakai keamanan yang baik,” kata Terawan.

Sementara di Indonesia sudah sesuai standar badan kesehatan dunia, WHO.

“Apa yang dilakukan Indonesia adalah hal yang sudah tepat sesuai dengan yang ditetapkan oleh WHO,” kata Terawan. (FMM)


Pos terkait