Erick Thohir Sebut Avigan dan Chloroquine Ikhtiar Pemerintah Hadapi Covid-19

  • Whatsapp
Avigan
Avigan.

Inisiatifnews.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyampaikan bahwa pemerintah tengah melakukan pengadaan dua obat untuk melawan Covid-19. Kedua obat tersebut adalah Avigan dan Chloroquine.

Menurut Erick, kedua obat tersebut diadakan sebagai bentuk upaya pemerintah pusat dalam melawan wabah Covid-19 karena dianggap menjadi obat yang digunakan beberapa negara dalam rangka mengobati penderita coronavirus.

Bacaan Lainnya

“Avigan sekarang ini sudah dominta oleh banyak negara untuk mengobati mereka yang terjangkit virus corona,” kata Erick Thohir, Sabtu (21/3/2020).

Erick mengatakan bahwa perusahaan BUMN bidang farmasi yang memproduksi obat-obatan adalah PT Kimia Farma. Dan jika memang kedua obat tersebut efektif untuk mengatasi Covid-19, maka perusahaan tersebut akan memproduksi lebih banyak lagi.

“Kalau satu pasien membutuhkan sekitar 50 butir setidaknya ada 60 ribu pasien yang bisa mendapatkan obat ini. Kalau memang efektif, tentunya Kimia Farma akan memproduksi kembali,” ujarnya.

Perlu diketahui, bahwa Presiden Joko Widodo mengumumkan melalui akun Twitternya, bahwa pemerintah tengah mengadakan kedua obat tersebut sebagai upaya untuk mengobati para pasien Covid-19.

“Sesuai hasil riset dan pengalaman beberapa negara lain, pemerintah telah memesan dua juta Avigan dan menyiapkan tiga juta Chloroquine yang akan diresepkan oleh dokter kepada pasien Covid-19 apabila diperlukan,” kata Presiden Joko Widodo.

Untuk distribusinya, Presiden mengatakan jika kedua obat itu akan diberikan kepada para penderita Covid-19 melalui instansi terkait.

“Obat-obatan tersebut akan sampai kepada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi,” jelasnya.

Pos terkait