Vaksinasi Atasi Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
vaksin covid 19
Ilustrasi Vaksin Covid-19.

Inisiatifnews.com – Peneliti Maarif Institute, Endang Tirtana berpendapat bahwa vaksin merupakan solusi utama agar Indonesia terbebas dari pandemi Covid-19 dan opsi utama dalam pemulihan ekonomi.

Namun sembari menunggu pemerintah menyiapkan vaksin tersebut, ia berharap agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan demi menekan jumlah penyebaran virus asal Wuhan itu.

Bacaan Lainnya

“Sambil menunggu pemerintah menyiapkan vaksin, masyarakat tetap harus berpegang pada protokol kesehatan, mulai dari jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan pakai sabun. Dan sebisa mungkin tetap di rumah,” kata Endang dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (30/10/2020).

Dia pun mengajak semua pihak untuk dapat berperan aktif memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi COVID-19. Sebab berdasarkan catatan Bio Farma, 7,6 persen masyarakat Indonesia enggan untuk divaksin.

Sehingga, ulama dan pemuka agama berperan kuat dalam memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa vaksin COVID-19 merupakan solusi. Dengan demikian, lanjut Endang, upaya mendukung pemerintah mengentaskan pandemik akan berjalan beriringan.

“Dokter, para tenaga kesehatan, kiai, dan ustadz bisa menjadi duta memberi sosialisasi kepada rakyat terkait penanganan COVID dan pentingnya vaksin. Sebab yang perlu diingat adalah vaksin untuk pencegahan bukan mengobati,” ujarnya mengutip Antara.

Endang melihat, lamanya pandemik COVID-19 membuat sejumlah masyarakat mulai jengah di rumah. Terutama saat libur panjang seperti pekan ini, akhirnya banyak yang memutuskan untuk berlibur ke luar rumah. Dia mengharapkan, masyarakat tetap patuh protokol kesehatan selama liburan. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait