Presiden Jokowi Sebut Tim Medis dan TNI/Polri Prioritas Divaksin Covid

  • Whatsapp
presiden
Presiden Joko Widodo.

Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa vaksin untuk COVID-19 akan digunakan setelah secara resmi mendapatkan persetujuan dari organisasi kesehatan dunia, yakni WHO.

“Semua vaksin yang akan digunakan dalam program vaksinasi Covid-19 di Indonesia harus terdaftar dan disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),” kata Presiden Jokowi, Rabu (18/11/2020).

Bacaan Lainnya

Dan setelah mendapatkan persetujuan serta terdaftar secara resmi, maka vaksin tersebut akan dilakukan uji dan verifikasi juga oleh otoritas tentang obat dan makanan di Indonesia hingga akhirnya dapat dipergunakan untuk program vaksinasi.

“Setelah vaksin-vaksin itu masuk, BPOM melakukan uji dan verifikasi standar untuk dapat mengeluarkan emergency use authorization,” jelasnya.

Sementara setelah lulus uji di seluruh tingkatan mulai dari organisasi dunia dan otoritas di Indonesia, maka vaksinasi baru akan disuntikkan. Dan yang akan mendapatkan prioritas terlebih dahulu adalah mereka yang berada di garda terdepan dalam penanggulangan COVID-19.

“Siapa yang akan divaksin lebih dahulu? Para tenaga kesehatan, TNI-Polri, lalu ASN untuk pelayanan publik, guru, dan kemudian kita semua,” ujar Presiden.

Terakhir, orang nomor satu di Republik Indonesia itu menegaskan bahwa dirinya siap untuk disuntik terlebih dahulu.

“Kalau ada yang bertanya, Presiden nanti di depan atau di belakang? Kalau oleh tim saya diminta yang paling depan, ya tentu saja saya siap,” tegasnya. [RED]

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait