Punya Penyakit Ini? Jangan Sampai Tertular Corona

  • Whatsapp
dokter tirta
dr Tirta saat dialog di podcast milik Deddy Corbuzier. [courtesy : youtube]
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews.com – Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Tirta Mandira Hudhi memberikan wanti-wanti agar orang-orang dengan usia di atas 40 tahun terhindar dari virus Corona (Covid-19).

“Yang paling kasihan di Solo, ikut seminar di Bogor (mereka) suami-istri dua-duanya nggak ada (meninggal). (Usia) 40 tahunan ke atas,” kata dokter Tirta dalam podcast bersama Deddy Corbuzier.

Bacaan Lainnya

Disampaikan dr Tirta, bahwa dua orang yakni suami dan istri asal Solo itu dikabarkan memiliki riwayat penyakit sebelumnya yang membuat serangan virus Corona sampai membuat mereka meninggal dunia.

Mendapati informasi ini, Deddy pun langsung menembak pertanyaan ke dokter Tirta terkait penyakit apa saja yang dianggap semakin membahayakan jika ikut terjangkit Covid-19. Dokter Tirta pun menyebutkan beberapa penyakit yang sangat rentan dan harus menjadi perhatian semua masyarakat Indonesia.

“Penyakit kronis kayak hipertensi, diabetes, penyakit pernafasan, radang usus, radang lambung,” sebutnya.

Dan ia mewanti-wanti bagi orang-orang khususnya yang usia lanjut dengan memiliki riwayat stroke menjadi kelompok masyarakat yang memiliki tingkat kekhawatiran yang tinggi. Hal ini karena menyangkut sistem imunitas tubuh pasien yang rendah.

“Stroke paling utama (berbahaya), karena orang stroke kan nggak bisa gerak, otomatis kalau dia enggak gerak ototnya mengecil semua, imunnya rendah banget,” tuturnya.

Oleh karena itu, dr Tirta pun mengimbau kepada masyarakat yang memiliki keluarga atau orangtua yang memiliki riwayat penyakit stroke agar sangat berhati-hati di rumah. Membiasakan pola hidup sehat dengan mengikuti protokol kesehatan tentang Covid-19 penting sekali sekalipun sudah berada di rumah. Hal ini agar virus yang bisa jadi dibawa dari luar tidak menjangkit ke penderia penyakit yang disebutkan tadi.

“Makanya budaya bersin (yang baik) itu (dijaga) sampai di rumah. Apalagi kalau kalian punya orangtua (pengidap penyakit kronis), yang kasihan orangtua-orang tua lu,” tegasnya.

Bahkan dokter Tirta juga memberikan sample kasus pandemi Covid-19 di Italia, dimana mayoritas yang sampai tercatat meninggal dunia karena coronavirus adalah orang-orang yang usia lanjut.

“Maka di Itali, deadlightnya lumayan tinggi itu, tapi kalau dicek di Itali yang meninggal banyak merahnya banyak umum (usia) 40 tahun ke atas,” imbuhnya. [RED]

Share to your social media
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait