Pemerintah Ingatkan Penderita Penyakit Kronis Jangan Sampai Kena Covid-19

  • Whatsapp
yurianto
Juru bicara pemerintah percepatan penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

Inisiatifnews.com Juru bicara pemerintah penanggulangan Covid-19, Achmad Yurianto mencoba menggugah perhatian dan kesadaran bagi seluruh masyarakat Indonesia agar benar-benar mempertimbangkan dengan matang ketika ingin beraktivitas di luar rumah di tengah pandemi Covid-19.

“Keluar dari rumah harus dipertimbangkan baik-baik,” kata Yurianto dalam konferensi persnya di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (25/5/2020).

Bacaan Lainnya

Peringatan ini disampaikan Yuri dialamatkan kepada mereka yang tergolong kelompok rentan, yakni masyarakat yang memiliki persoalan kesehatan yang tergolong kelas berat, seperti halnya hipertensi, kencing manis, gagal ginjal, kelainan pada paru-paru kronis misalnya asma dan bronkitis.

“Maka apabila terkena penyakit ini (Covid-19) akan memiliki komplikasi yang sangat berat dan sering mengakibatkan kematian,” imbuhnya.

Hanya saja ketika siapapun itu memang terpaksa harus berkegiatan di luar rumah, sebaiknya mengenakan masker dan menjaga kebersihan dengan sebaik-baiknya, agar ketika kembali ke rumah tidak ada virus Covid-19 yang justru tertular kepada anggota keluarga.

“Apabila memang harus keluar rumah, maka sekembalinya ke rumah yakinlah bahwa keluarga kita yang di rumah tidak tertular dari virus yang kita bawa dari luar rumah,” tuturnya.

Cara yang paling tepat untuk menjaga agar keluar di rumah tidak tertular virus, Yuri menyarankan agar masyarakat yang usai bepergian untuk memastikan pakaian dan badannya bersih dari potensi penyebaran Covid-19. Caranya adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta mengganti baju sebelum kontak fisik dengan keluarga.

“Jangan kontak dengan anggota keluarga terlebih dahulu sebelum kita mengganti baju, mandi dan seterusnya,” pungkas Yuri. [NOE]

Pos terkait