Jansen Sitindaon Minta Pemerintah Standarisasi Tarif Swab Test Mandiri

  • Whatsapp
Jansen Sitindaon
Jansen Sitindaon saat melalukan swab test. [foto : twitter/jansen_jsp]

Inisiatifnews.com – Politisi muda, Jansen Sitindaon membagikan pengalamannya melakukan swab test secara mandiri di salah satu Rumah Sakit.

Dalam sekali melakukan swab test itu, ia mengeluhkan mahalnya tarif cek kesehatan untuk mendeteksi potensi COVID-19 di dalam tubuhnya.

Bacaan Lainnya

“Orang secara sadar sudah mau test dirinya malah mahal sekali. Kemarin saya Swab kena Rp 2,4 Juta,” kata Jansen, Selasa (15/9/2020).

Oleh karena itu, tarif yang sangat mahal itu sebaiknya diatur secara ketat dan pasti oleh pemerintah pusat. Jansen berharap Kementerian Kesehatan melakukan standarisasi harga swab test mandiri agar seluruh rumah sakit di Indonesia memberlakukan tarif yang seragam.

“Karena test adalah kunci deteksi corona, baiknya pemerintah dalam hal ini Kemenkes RI segera keluarkan aturan standarisasi harga Swab mandiri. Buat terjangkau dan harganya sama di semua RS,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa saat awal-awal Covid-19 muncul di Indonesia, harga untuk melakukan rapid test juga tergolong mahal. Sebelum akhirnya dilakukan standarisasi oleh pemerintah pusat sehingga harganya pun pada akhirnya bisa cenderung seragam.

“Dulu harga rapid juga gila-gilaan. Komersil. Sebelum diatur Rp 150 ribu,” ucapnya.

Wasekjen DPP Partai Demokrat itu meminta agar harga swab test bisa dijangkau oleh seluruh kalangan rakyat Indonesia.

“Bagi yang terpaksa tetap aktivitas keluar rumah di masa Covid melakukan Swab adalah bagian dari tanggung jawab sosialnya kepada lingkungan, keluarga bahkan negara agar tidak jadi pembawa virus. Harusnya harganya terjangkau,” tuntutnya.

Disampaikan Jansen, bahwa baik pemerintah maupun rakyat harus bersinergi secara aktif untuk bersama-sama melawan COVID-19 ini, tentunya dengan menjalankan peranannya masing-masing.

“Tugas pemerintah 3T ; test, tracing dan treatment. Tugas rakyat 3M ; menjaga jarak, masker, mencuci tangan. Jika swab murah maka rakyat bisa lakukan M ke 4 ; melakukan test,” tandasnya.

“Inilah jalan menyelamatkan keluarga, teman dan lain-lain dari penularan dan ringankan beban Negara melakukan tracing,” sambungnya. [NOE]

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait