Perbanyak Makan Buah dan Sayuran Demi Cegah Corona

  • Whatsapp
Buah buahan
Ilustrasi.

Bogor, Inisiatifnews.com – Wabah Virus Corona saat ini menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat, terutama setelah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengumumkan dua orang WNI yang positif terinfeksi Covid-19.

Ahli Holtikultura Institut Pertanian Bogor (IPB), Suryo Wiyono mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dengan kemunculan Wabah Corona. Satu cara efektif untuk menghadapi virus tersebut, adalah meningkatkan ketahanan tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayuran.

Bacaan Lainnya

“Vitamin C yang terkandung dalam buah – buahan sebagai anti oksidan yang menjaga ketahanan tubuh, sedangkan sayuran memberikan nutrisi dan gizi untuk kesehatan tubuh,” uap Suryo, Jumat (6/3/2020).

Cara tersebut emang tak serta merta menyembuhkan infeksi Virus Corona. Kendati demikian, dengan mengkonsumsi buah dan sayur imunitas seseorang akan semakin meningkat sehingga menjauhkan tubuh dari segala penyakit.

Menurut dia buah-buahan dan sayuran hasil pertanian dalam negeri, lebih aman dikonsumsi jika dibandingkan dengan komoditi holtikultura import. Meskipun, hingga saat ini belum ada penelitian yang mengidentifikasi virus Korona dalam buah dan sayuran segar.

“Ya, kita sarankan masyarakat mengkonsumsi buah dan sayur dari dalam negeri. Memang, dengan munculnya wabah Korona ini import komoditi tersebut semakin berkurang, sedangkan produksi dalam negeri semakin meningkat,” katanya.

Pria yang menjabat sebagai Ketua Departemen Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (Faperta-IPB) ini juga menuturkan, kebutuhan akan sayur dan buah dipastikan akan meningkat saat ini. Oleh sebab itu, para pelaku usaha tani harus bersiap dalam meningkatkan hasil produksi pertanian.

Pemerintah juga ikut andil dalam hal ini, dengan menentukan kebijakan mengantisipasi kelangkaan bahan – bahan pangan, dengan mendorong produksi panen pertanian.

“Saya kira kondisi ini, menjadi sebuah peluang bari para petani meningkatkan dan membudidayakan produksi tanaman holtikultura,” pungkasnya. [REL]

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait