Tokopedia Dukung Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia Lewat Berbagai Program

  • Whatsapp
banggabuatanindonesia
Ilustrasi.

Inisiatifnews.com – Sebagai salah satu perusahaan Marketplace yang bergerak di Indonesia, Tokopedia berkomitmen mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia lewat berbagai program untuk pengusaha lokal.

Selama pandemi COVID-19, pelaku usaha yang sudah memiliki kanal pemasaran daring dinilai lebih tangguh. Mereka berhasil membuat bisnis tetap berjalan sehingga lapangan pekerjaan pun tetap dapat dipertahankan.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Presiden Joko Widodo di acara peluncuran gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang berlangsung hari ini, menyampaikan bahwa para pelaku usaha dalam negeri harus mampu berdikari, apalagi di situasi yang kurang menguntungkan seperti saat ini.

“Dalam kondisi pandemi seperti ini, kita harus mampu bertumpu pada kekuatan kita sendiri, berdiri di atas kaki sendiri, mampu menyelesaikan masalah dan tantangan kita sendiri,” kata Presiden Joko Widodo, Kamis (14/5/2020).

Orang nomor satu di Republik Indonesia itu mengaku masih bangga dengan kekuatan para pelaku usaha di Indonesia saat ini, karena produk-produk dalam negeri memiliki kualitas yang unggul. Apalagi karya yang bagus juga ditopang dengan kemampuan yang bagus dari para pelaku usahanya.

“Saya bersyukur negara dan bangsa kita memiliki banyak kekuatan, karya hebat dan produk-produk berkualitas yang lahir dari tangan saudara-saudara kita yang memiliki talenta hebat. Karya-karya anak bangsa ini harus kita apresiasi, kita dukung dan beri ruang seluas-luasnya,” ujarnya.

Jokowi memberikan semangat kepada para generasi bangsa dan pelaku usaha tanah air, bahwa pandemi Covid-19 bukan batu sandungan yang menghancurkan segalanya. Dengan kekuatan optimisme yang tinggi, ia yakin bangsa Indonesia akan mampu melewati bencana non-alam ini.

“Pandemi tidak menghalangi kita untuk berkreasi. Keterbatasan justru mendorong kita untuk tetap berinovasi, mendorong kita bertransformasi, menggali potensi diri dan menciptakan peluang. Kita berupaya keras agar pandemi ini cepat berlalu, kita harus saling menjaga, saling mendukung dan saling membantu agar ekonomi kita tidak terkapar dengan membeli karya dan produk-produk Indonesia,” tutur Presiden.

“Saya yakin dengan kepedulian kita bersama, semua bisa kita lewati,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, menjelaskan, bahwa gerakan #BanggaBuatanIndonesia sejalan dengan misi Tokopedia dalam mencapai pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Selama hampir 11 tahun, Tokopedia konsisten hanya memfasilitasi transaksi domestik.

“Artinya 100% penjual di Tokopedia berdomisili di Indonesia dimana 94%nya adalah penjual berskala ultra mikro. Saat ini, sudah ada hampir 8 juta masyarakat Indonesia yang telah memulai dan mengembangkan bisnis mereka bersama Tokopedia,” papar William.

Dukungan Tokopedia akan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia ini bertujuan mengakselerasi adopsi digital bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM. Hal ini agar bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring, dapat segera beroperasi kembali dengan membuka kanal daring.

Salah satu program yang akan diusung Tokopedia untuk mendukung gerakan nasional ini adalah rangkaian webinar dan kelas daring bernama Obrolan Seller, yang bisa diakses secara gratis. Pegiat UMKM bisa mendapatkan pengetahuan terkait peningkatan kualitas produk hingga pemasaran. Mereka juga dapat berbagi inspirasi dan pengalaman dengan sesama pebisnis di Tokopedia melalui komunitas penjual ‘Keluarga Tokopedia’.

Selain itu, melalui pemanfaatan teknologi, Tokopedia memberikan fitur-fitur yang dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah mengembangkan usahanya.

Selama masa gerakan #BanggaBuatanIndonesia, Tokopedia akan menampilkan laman kurasi khusus produk lokal untuk menyediakan pilihan terbaik bagi para pembeli.

Tokopedia juga akan terus bermitra dengan berbagai pihak agar mampu memberikan solusi bagi penggiat UMKM lokal. Misalnya dengan institusi keuangan untuk memberikan bantuan modal, salah satunya dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

“Selain itu kami bergerak bersama komunitas dan pemerintah untuk menggagas terobosan aktivitas online,” tambah William. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait