Forum Blogger Indonesia Serukan Boikot Produk Malaysia

bendera malaysia
Bendera Malaysia.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Hubungan antara Indonesia dan Malaysia kembali memanas setelah munculnya video lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibuat parodi oleh netizen yang diduga berasal dari negeri Jiran itu di Media Sosial beberapa waktu lalu.

Koordintaor Forum Blogger Indonesia (FBI), Abdullah Kelrey menyampaikan kekesalannya terhadap insiden tersebut. Ia menilai, video parodi tersebut telah merendahkan harkat dan martabat Indonesia sebagai bangsa dan negara.

Bacaan Lainnya

“Kami mengecam keras pelecehan dan penghinaan terhadap simbol negara Indonesia dengan dibuatnya video parodi lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang diduga dilakukan oleh warga Malaysia tersebut,” kata Abdullah kepada wartawan, Selasa (29/12/2020).

Ia menilai bahwa persoalan ini menjadi sangat serius ketika oknum pembuat parodi tidak segera ditangkap dan dihukum dengan hukuma yang keras. Karena menurutnya, ini sudah menyangkut persoalan harga diri sebuah negara di mata dunia.

“Ini masalah serius. Pelecehan dan penghinaan ini harus disikapi secara serius oleh pemerintah Indonesia dan terutama kawan-kawan aktivis. Pemerintah RI harus protes keras karena menyangkut marwah dan martabat Indonesia,” tegasnya.

Ancam boikot produk Malaysia

Selain itu, Abdullah juga menyebut sanksi sosial bisa dilakukan oleh Indonesia yang bisa memberikan tekanan keras kepada pemerintah Malaysia untuk menuntaskan kasus ini. Salah satunya adalah dengan melakukan pemboikotan produk-produk asal Malaysia yang ada di Indonesia.

“Saya berharap dengan kejadian yang kesekian kalinya ini, pemerintah harus serius dan terutama kawan aktivis gerakan melaksanakan gerakan boikot semua produk malaysia yang beroperasi di Indonesia,” tuturnya.

Cara ini bisa dinilai sangat efektif untuk memberikan atensi kepada pemerintah Malaysia karena sektor perekonomian mereka di Indonesia akan terguncang. []

Pos terkait