Ini Olahraga Pagi Biar Fisik Selalu Fresh

  • Whatsapp
jogging
Source image : intermountainhealthcare.org.

Inisiatifnews.com – Salah satu cara untuk menjaga agar badan tetap terasa bugar dan fresh setiap saat adalah dengan rutin melakukan olahraga. Apalagi di situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini, fisik harus selalu dijaga kebugarannya agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk berolahraga. Karena begitu besarnya manfaat, maka kamu perlu tahu apa saja yang bisa dihasilkan ketika kamu sudah rutin melakukan kegiatan mengolah raga tersebut.

Manfaat olahraga pagi :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh
2. Menyehatkan jantung
3. Membentuk tubuh lebih bagus
4. Menjaga berat badan tetap ideal
5. Mengurangi stres
6. Menambah semangat pagi
7. Lebih disiplin bangun pagi
8. Meningkatkan konsentrasi
9. Meningkatkan rasa percaya diri
10. Memperbaiki kualitas tidur

Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu yang panjang untuk berolahraga di pagi hari. Apalagi di hari-hari kerja, kewajiban untuk berangkat ke kantor membuat waktu untuk berolahraga pun sangat sempit.

Namun jangan khawatir, sebenarnya dengan melakkan olahraga ringan di pagi hari sebelum berangkat ke kantor pun bisa dilakukan dan tetap bisa mendapatkan manfaat yang baik. Asalkan dilakukan secara rutin.

Lantas olahraga ringan seperti apa yang bisa kamu lakukan agar manfaat olahraga pagi tetap bisa dirasakan, sehingga badan tetap fresh dan imunitas tetap terjaga.

1. Stretching
Stretching atau perenggangan otot ini sangat mudah sekali dilakukan di pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Setidaknya, kamu hanya cukup melakukannya selama 10 – 15 menit saja agar tubuh kamu lebih lentur.

Mungkin kamu hanya berpikir stretching adalah diam di tempat dan menarik beberapa bagian tubuh. Tidak sepenuhnya benar. Kamu juga bisa melakukan perenggangan sambil bergerak. Misalnya, berjalan sambil mengangkat kaki ke depan hingga pinggang atau melakukan langkah panjang. Lakukan dengan cara konstan namun rutin setiap pagi, maka tubuhmu akan tetap terasa bugar.

2. Push Up
Bangun tidur, sholat subuh bagi yang menjalankannya kemudian minum air yang banyak. Setelah dirasa cukup, lalu mulailah melantai. Kamu bisa langsung melakukan push up di dalam kamar, di teras bahkan atau di halaman depan.

Untuk melakukan kegiatan push up ini, kamu tidak perlu melakukannya dalam waktu lama dan jumlah gerakan yang banyak. Cukup 10 kali push up dan ulangi minimal 2 kali. Manfaatnya adalah menjaga agar jantung kamu berdetak lebih cepat sedikit dan minimal sirkulasi darah akan terjaga.

3. Jalan santai atau jogging keliling komplek
Jika dirasa masih kurang, kamu bisa kok melakukan jalan santi sambil menyapa tetangga atau jongging keliling komplek rumah kamu masing-masng. Lakukan itu setidaknya setelah sholat subuh lebih bagus, atau setidaknya antara pukul 05.30 sampai 06.00.

Jadi kamu tidak perlu melakukan kegiatan jongging dan lari-lari kecil yang lama. Cukup 30 menit saja sembari menghirup udara segar. Lakukanlah setiap pagi hari secara rutin, setidaknya bisa membuat pernapasan kamu lebih lega.

4. Squat
Squat terbilang sebagai olahraga yang sederhana, kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja tanpa memerlukan peralatan tambahan. Cara melakukannya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka kaki selebar bahu, lalu posisikan tubuh seolah sedang duduk di kursi dengan membentuk sudut 90 derajat.

Lakukan olahraga kecil ini setidaknya 5 – 6 kali repetisi untuk menjaga otot kaki dan bokong kamu. Dan agar sedikit ada beban, kamu bisa melakukannya dengan menjinjing barang-barang untuk menambah beban semampunya saja.

Dari keempat olahraga kecil yang bisa kamu lakukan di pagi hari sebelum berangkat kerja ini, mana yang paling kamu suka. Tapi ingat, tetap jaga pola makan dan pola tidur ya, agar manfaat kesehatannya lebih terasa.