MUI Sebut Vaksinasi Demi Indonesia Keluar dari Pandemi COVID-19

  • Whatsapp
20210225 144559
Presiden Joko Widodo saat melihat langsung proses vaksinasi Covid-19.

Inisiatifnews.com – Ketua Umum Wadah Silaturrahim Khatib Indonesia (WASATHI), Fauzan Amin menyampaikan bahwa betapa pentingnya vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat agar Indonesia segera keluar dari status pandemi.

“Pemerintah dan MUI sudah jelas mengkampanyekan vaksinasi Covid agar rakyat Indonesia segera keluar dari Pandemi Covid 19,” kata Fauzan dalam workshop Khatib Moderat 2021 dengan tema “Upaya Mencegah Faham Intoleran, Radikalisme dan Terorisme” yang digelar oleh Wadah Silaturahim Khatib Indonesia (Wasathi) di Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (24/4/2021).

Bacaan Lainnya

Apalagi dampak dari pandemi COVID-19 juga sangat dirasakan oleh masyarakat secara masif. Termasuk ekonomi juga menjadi sektor yang paling terpukul dalam persoalan krisis kesehatan ini.

Maka dengan suksesnya vaksinasi COVID-19, ekonomi Indonesia diharapkan bisa segera pulih kembali.

“Jika Indonesia bisa mengatasi Pandemi maka, Indonesia bisa segera bangkit dari kesulitan sektor ekonomi sebagai imbas dari Pandemi Covid 19,” ujarnya.

Namun sayangnya, sepanjang program vaksinasi COVID-19, banyak sekali terpaan isu miring hingga politisasi yang menggema di kalangan masyarakat. Kondisi ini rentan memunculkan distrust di kalangan publik terhadap upaya pemerintah menanggulangi virus korona.

“Tujuan pemerintah yang mulia tersebut justru dipelintir oleh kelompok intoleran yang membuat berita hoaks dan fitnah bahwa Covid 19 adalah rekayasa negara asing, Pemerintah membohongi rakyat, Anggaran Covid hanyalah untuk keuntungan elit saja,” jelasnya.

Secara pribadi pun, ia mengaku sangat menyayangkan munculnya narasi dan sentimen negatif semacam itu.

“Narasi minor terhadap vaksinasi Covid 19 itu bisa menghambat kesuksesan program vaksinasi yang ujung-ujungnya justru merugikan kesehatan dan pertumbuhan ekonomi nasional,” papar Fauzan.

Oleh karena itu, ia pun mengajak kepada seluruh cendekiawan muslim yang hadir dalam acara tersebut untuk membantuk memberikan penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat tentang isu miring yang justru bisa merugikan semua bangsa Indonesia secara luas.

“Maka, WASATHI akan terus mengkampanyekan program vaksinasi melalui jejaring khutbah Jum’at dan aktivis Ormas Islam,” tegasnya.

Lebih lanjut, Fauzan menyampaikan jika para khatib bisa menjadi garda terdepan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menciptakan masyarakat yang sehat dari virus korona. Karena Khatib memiliki kedekatan khusus dengan masyarakat setidaknya di lingkungan mereka masing-masing.

“WASATHI memandang bahwa jaringan khatib melalui otoritasnya di ibadah khutbah Jum’at sangat vital untuk dioptimalkan sebagai bentuk tanggungjawab khatib terhadap upaya perwujudan kehidupan rakyat yang sehat, kuat, dan tercerahkan dalam komitmen merawat spirit kebangsaan,” pungkasnya. [NOE]

Pos terkait