Heboh, Benda Langit Mirip Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi

  • Whatsapp
Meteor di Gunung Merapi
Source image : https://www.instagram.com/p/CPZ6JKPD2I3/.

Inisiatifnews.com – Netizen saat ini tengah dihebohkan dengan munculnya cahaya yang mirip dengan fenomena jatuhnya meteor di puncak gunung merapi. Bahkan cahaya tersebut seperti memiliki kepala dan ekor itu tertangkap kamera jatuh dalam kecepatan 1 detik saja.

Fenomena ini pun membuat jagat pengguna Twitter ramai hingga hastag “Merapi” menjadi trending topic di situ microblogging itu.

Sementara itu, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida mengatakan, bahwa peristiwa itu juga terekam melalui kamera CCTV yang terpasang di Deles atau sisi timur Gunung Merapi milik lembaga yang saat ini dipimpinnya itu.

Ia membenarkan bahwa karena CCTV yang dimiliki oleh BPPTKG juga merekam fenomena kilatan cahaya mirip jatuhnya benda langit tersebut.

“Kamera CCTV yang berada di Deles sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB,” kata Hanik dalam keterangan resminya, Jumat (28/5/2021).

Hanya saja, karena pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penelitian terhadap barang-barang berkaitan dengan keantariksaan, sehingga ia menyatakan bahwa kilatan cahaya itu bukan benda langit yang jatuh. Hal ini lantaran peristiwa tersebut tidak menimbulkan rekaman khusus tentang aktivitas geologis di sekitar gunung merapi.

“Berdasar data pemantauan, pada saat kejadian tidak ada sinyal kegempaan dan suara sehingga kami menyimpulkan tidak ada benda yang jatuh di sekitar Merapi,” terangnya.

Sementara itu, aktivitas vulkanik Gunung Merapi sampai saat ini masih terjadi berupa aktivitas erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, guguran, dan awanpanas guguran. Sehingga status gunung merapi saat ini dalam keadaan siaga (Level III).

Pendapat pakar telematika

Sementara itu, pakar telematika Roy Suryo memberikan tanggapannya. Melalui akun twitter pribadinya di @KRMTRoySuryo2, ia membagikan beberapa hasil tangkapan layar fenomena benda jatuh di puncak gunung merapi. Tangkapan layar itu menunjukkan hasil unggahan foto dari pengguna Instagram @gunarto_song.

Menurut Roy Suryo, berdasarkan hasil foto yang dilihatnya, bahwa fenomena itu benar adanya dan bukan hasil rekayasa gambar. Dan ia juga menyebut jika kilatan cahaya berekor itu adalah meteor. Hanya saja ia menampik bahwa meteor tersebut jatuh di kawah gunung merapi.

“Viral Foto Meteor jatuh di “Puncak Merapi”, Jogja 27/05/21 23.07 WIB semalam. Banyak Netizen meragukan Foto tsb, tetapi InsyaaAllah memang benar itu Meteor. Hanya memang karena Angle Fotografer yg “menguntungkan” maka “seolah2” Meteor tsb “masuk” ke Kawah Merapi, padahal tidak,” tulis Roy Suryo.