BSSN Launching Aplikasi Password Manager Bernama SATRIA

  • Whatsapp
Hinsa BSSN
Kepala BSSN Letjen TNI (Purn.) Hinsa Siburian.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) telah merilis produk karya mandiri berupa aplikasi Password Manager SATRIA (Sandi Anda TerenkRIpsi dengan Aman). Ini adalah sebuah aplikasi Manajemen Password yang dikembangkan oleh┬áPusat Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Keamanan Siber dan Sandi┬áBadan Siber dan Sandi Negara.

Kepala BSSN Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian mengatakan, bahwa pihaknya merilis aplikasi tersebut sebagai bentuk upaya pemerintah dalam menjalankan literasi digital terhadap keamanan kaya kunci atau password.

Bacaan Lainnya

Dan aplikasi tersebut untuk saat memang ditargetkan untuk kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Jadi yang kita launching ini adalah bagian dari literasi yang menjadi tugas dari BSSN yaitu literasi keamanan dan kita fokuskan untuk ASN kita,” kata Hinsa di kantornya, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (2/11).

Aplikasi ini tidak akan menganulir aplikasi-aplikasi lain yang ada di perangkat ponsel, akan tetapi menjadi pelengkap bagaimana petingnya kesadaran tentang penggunaan password yang aman.

“Jadi kalaupun kita launching apps ini, bukan berarti aplikasi yang lain tidak digunakan. Akan tetapi bagian dari literasi perlu kesadaran untuk mengubah password dalam konteks keamanan informasi,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) Tjahjo Kumolo menyambut baik peluncuran aplikasi tersebut. Apalagi kata Tjahjo, saat ini marak penggunaan sistem berbasis teknologi informasi di lingkungan pemerintah, sehingga aplikasi semacam ini dianggap penting.

tjahjo
Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo,

“Bahwa dengan semakin besarnya penerapan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) maka semakin besar tingkat keamanan informasi, inilah diantisipasi oleh BSSN,” kata Tjahjo di lokasi yang sama.

Ia pun menyanjung BSSN sebagai lembaga yang sangat fital di dalam persoalan sistem keamanan siber di Indonesia.

“Dan peran BSSN semakin fital untuk negara kita, dengan berbagai fasilitas yang dimiliki saya kira BSSN menjadi sentral yang bisa dimanfaatkan aplikasi-aplikasi yang pengamanannya untuk semua lembaga pemerintah daerah, sampai ke masyarakat,” ujarnya.

Saat ini, aplikasi SATRIA tersebut sudah bisa diinstal dari Google Play Store.

Pos terkait