Dianggap Partisan dan Profesinya Dihina, Begini Jawaban Addie MS ke Rizal Ramli

  • Whatsapp
IMG 20200529 073015
Addie MS.

Inisiatifnews.comMusisi yang juga komposer musik, Addie Muljadi Sumaatmadja alias Addie MS menjawab sentilan Rizal Ramli yang merendahkan profesinya sebagai pegiat seni karena banyak bicara tentang sosial politik.

Menurutnya, ia merasa bukan bagian dari partisan seperti apa yang dituduhkan Rizal Ramli kepadanya. Namun ia hanya merasa sebagai warga yang bergelut di dunia seni namun memiliki sense menyampaikan pendapat sebagai hak demokrasinya.

Bacaan Lainnya

“Saya hanya seniman atau pengamen, warga biasa yang punya hak bicara dan berpendapat mengenai masalah sosial-politik. Seperti juga Ahmad Dhani, Iwan Fals, Giring, Neno Warisman, Bob Dylan, Sting, Beethoven, R. Wagner, Verdi, John Cage dan lain-lain,” kata Addie MS, Kamis (28/5/2020).

Sebelumnya, Addie MS memposting dirinya bersama para mantan Presiden di Republik Indonesia, mulai dari Presiden Soeharto, Habibie, Megawati Soekarnoputri, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga Joko Widodo.

Dalam captionnya, suami Memes itu menyampaikan bahwa dirinya tidak pernah dibayar untuk menyampaikan pendapatnya, hal ini untuk menjelaskan bahwa dirinya bukan bagian dari buzzer.

“Untuk yang sebut aku ‘buzzeRp’ karena dukung Presiden, seolah aku dibayar untuk itu, aku kenal semua Presiden, kecuali Bung Karno. Aku selalu dukung mereka karena mereka pemimpin yang sah. Seperti orkestra dengan conductornya. Aku tidak pernah dibayar atau diberi proyek atau jabatan untuk itu. Aku merdeka,” tulis Addie MS, Rabu (27/5).

Postingan Addie MS ini ditanggapi sinis oleh netizen William Runturambi. Dan komentar tersebut disambut oleh Rizal Ramli yang langsung menyinggung profesi sang konduktor musik itu karena banyak bicara tentang kondisi nasional.

“Ndak usah diladenin Mas William. Wong kelas conductor jingles jualan aptartemen Podomoro aja sudah sok-sokan analisa bidang yang dia kagak ngerti,” tulis Rizal Ramli.

Merespon profesinya yang direndahkan Rizal Ramli itu, ayah dari musisi sekaligus pengusaha muda Kevin Aprilio pun membalasnya dengan prestasi lain selain jingle musik yang disebut mantan Menko Kemaritiman itu.

“Kelas conductor jingles jualan apartemen Podomoro?. Gak apa-apa, om. Aku juga bersyukur bikin jingles/lagu/Mars TNI, Garuda Indonesia, Kemendagri, Mahkamah Agung, Bank Indonesia, OJK, LPS, Kadin, Summarecon, Alam Sutera, Metland, Kalbe, Sogo, BCA Prioritas, Mitra Keluarga, Eka Hospital dll,” jawab @addiems.

Selain itu, Addie MS juga menyampaikan bahwa profesi hanya sebatas alat untuk memenuhi kebutuhan dunia. Hanya saja, ia berpesan agar tidak ada lagi yang mencoba merendahkan profesi seseorang, apalagi musisi.

“Gelar, pangkat, jabatan, status atau profesi itu duniawi. Hanya diperlukan untuk hidup di dunia fana. Hanya sementara. Tidak kekal. Tak ada salahnya membanggakannya. Tapi, tak guna menyombongkannya. Apalagi merendahkan gelar, pangkat, jabatan, status atau profesi sesamanya,” tandasnya. [RED]

Pos terkait