Pro Kontra Mbak You Ramal Ada Kerusuhan dan Lengsernya Presiden

  • Whatsapp
2594995604
Paranormal, Mbak You.

Inisiatifnews.com – Baru-baru ini heboh sebuah pernyataan paranormal bernama Mbak You yang menyebut bahwa, pada tahun 2021 ini akan terjadi banyak persoalan yang melanda Indonesia. Selain menyebut ada pesawat jatuh, ia juga menyebut bahwa akan ada kerusuhan dan penjarahan di mana-mana sembari ada pergantian Presiden.

Kata Mbak You, pergantian kepemimpinan negara tersebut merupakan bagian dari rentetan peristiwa pendahulu yakni adanya instabilitas kondisi masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Konflik dan kejahatan atau hal yang menyangkut penjarahan akan ada pada tahun 2021. Penjarahan besar, ada politik memanas dan ada bahasa-bahasa yang bahasa politiknya adalah pergantian Presiden,” kata Mbak You dalam sebuah video press release hasil ramalannya tersebut.

Statemen Mbak You ini pun akhirnya menuai pro dan kontra. Salah satunya adalah dari praktisi hukum Habib Muannas Alaidid. Ketua Umum Cyber Indonesia itu menilai bahwa apa yang disampaikan Mbak You bisa menimbulkan instabilitas nasional.

“Menyebarkan informasi yang dapat meresahkan dan menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat tidak bisa dibela dengan alasan ramalan atau mimpi, apalagi sengaja pakai undang media agar sengaja diketahui khalayak ramai, bila dibiarkan ini akan jadi trend dan preseden buruk bagi stabilitas dan ketertiban umum,” kata Muannas, Sabtu (16/1/2021).

Muannas merasa kecenderungan statemen Mbak You tersebut bisa berimplikasi pidana.

“Mbak You bisa dijerat ada pasal 28 (2) ITE soal kebencian di tengah masyarakat Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 dugaan menyebarkan kebohongan serta Pasal 207 KUHP Penghinaan terhadap penguasa,” terangnya.

Namun wacana pemidanaan terhadap konten ramalan Mbak You ini juga mendapatkan pertentangan dari Mbah Mijan. Pria yang memiliki profesi yang sama dengan Mbak You sebagai paranormal itu menganggap pelaporan polisi terhadap konten ramalan menjadi aneh.

“Ramalan bisa dipenjara hanya di Indonesia!. Saya sudah wanti-wanti sejak lama tentang vision yang bisa melanggar hukum, terutama saat UU ITE disahkan,” kata Mbah Mijan di akun Twitternya @mbah_mijan, Jumat (15/1).

Dan rencana pelaporan terhadap Mbak You juga disebut Mbah Mijan sebagai upaya yang berlebihan.

“Adapun rencana salah satu Peramal akan dipolisikan terkait ramalannya, saya nilai tindakan itu berlebihan, bicarakanlah dulu,” ujarnya.

Hanya saja, Mbah Mijan menyatakan bahwa jangan jadikan sebuah konten ramalan sebagai patokan menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Apalagi menurut pandangannya, bahwa dunia metafisika adalah konten yang segmentasinya terbatas, bukan untuk kalangan luas.

“Jangan pernah berpatokan pada “Ramalan”, jangan pernah jadikan ramalan sebuah validitas sebuah negara, lucu,” tandasnya.

Walaupun begitu, salah satu mentalis asal Indonesia yang pernah menyabet penghargaan World Best Mentalist menilai, ramalan adalah konten yang bodoh.

“Ada peramal yang meramalkan bahwa tiba-tiba ada satu pesawat warnanya begini akan jatuh, tiba-tiba ramalannya heboh di mana-mana, trending di Youtube. That’s stupid,” kata Deddy.

Deddy Corbuzier pun mengharapkan masyarakat tidak mempercayai ramalan-ramalan seperti itu. Dari pada membaca ramalan semacam itu, ia menilai lebih baik nonton orang-orang alay yang joget di TikTok atau di tempat lain yang masih memiliki unsur hiburan.

“Yang diramalin kan banyak, teorinya kan tong sampah, kalau saya kasih 100 masalah masak ya 1 gak ada yang kejadian,” ujarnya.

Bagi Deddy, apa yang dikatakan Mbak You semacam itu murni konten untuk mencari uang semata. Apalagi ada konten ramalan tentang adanya kerusuhan besar hingga pergantian Presiden di tahun 2021.

“Terakhir ttg ramalan itu wah nanti tahun 2021 akan ada kerusuhan, pak Jokowi nanti akan digantikan. Ada lho ramalan seperti itu diramalkan juga sama beliau. Itu tuh gak boleh. Membaca itu orang-orang bisa yang tadinya gak ada bisa menjadi ada karena kepikiran sama orang-orang. Goblok itu, goblok aja,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Cholil Nafis menyerukan kepada masyarakat untuk tidak mempercayai ramalan-ramalan, termasuk yang dikatakan oleh paranormal bernama Mbak You itu.

“Jangan percaya tukang ramal. Itu tebak-tebakan aja. Wong buat dirinya sendiri aja tak tahu apa yang akan terjadi apalagi buat orang lain,” kata kiai Nafis.

Apalagi ketika Mbak You membuat klarifikasi bahwa ia merasa apa yang disampaikan di dalam video itu telah dipotong-potong oleh orang. Di mana soal pergantian Presiden itu bukan tahun 2021 melainkan tahun 2024.

Sementara di tahun 2021 hanya akan terjadi gejolak politik semata seperti reshuffle menteri.

“Yang saya maksud di tahun mendatang pergantian presiden itu di 2024 akan ada pergantian presiden, bukan presiden sekarang. Bukan 2021 tapi di saat nanti pergantian presiden nanti di 2024 akan ada ganti presiden. Bukan 2021 ganti presiden,” kata Mbak You.

Meresponnya, kiai Cholil Nafis pun menyebut itu Pemilu. Di mana periode masa kepemimpinan Presiden akan digantikan melalui proses pemilihan umum lima tahunan.

“Kalau tahun 2024 itu pergantian presiden bukan ramalan, tapi pemilu. Anak saya aja tahu itu jadwal pemilu 5 tahunan,” ucapnya. [RED]


Pos terkait