Deddy Corbuzier Anggap Konten Mbak You Bukan Ramalan, Tapi Provokasi

  • Whatsapp

Inisiatifnews.com – Mentalis Indonesia, Deddy Corbuzier menyayangkan adanya konten ramalan yang dilakukan oleh paranormal bernama Mbak You. Di mana di dalam konten ramalannya itu, ia menyampaikan bahwa di tahun 2021 akan ada kerusuhan dan penjarahan bahkan sampai ada pergantian Presiden.

Menurut Deddy, konten semacam itu bisa dikategorikan sebagai provokasi yang bisa mendelegitimasi alam bawah sadar manusia untuk mempercayai dan sampai membuat situasi buruk itu pada akhirnya terjadi.

Bacaan Lainnya

“Walaupun in ramalan, tapi impect-nya yang keluar ke masyarakat bisa menjadi sebuah nocebo,” kata Deddy dalam vlognya di Youtube, Senin (18/1/2021).

Nocebo adalah suatu keadaan ketika substansi yang sebenarnya tak menyebabkan sesuatu kemudian membuat seseorang pada akhirnya bisa mengalami sesuatu tersebut akibat kepercayaan atau persepsi mengenai suatu hal.

Dan dalam konteks ramalan Mbak You itu, Deddy berpandangan bahwa bisa jadi sesuatu yang sebenarnya tidak terjadi di tahun 2021, seperti kerusuhan besar dan penjarahan bisa terjadi karena orang meyakini ramalan tersebut.

Seharusnya kata Deddy, konten semacam itu tidak perlu diutarakan, apalagi mengingat Indonesia saat ini tengah dilanda duka yang begitu besar, salah satunya adalah pandemi COVID-19 yang belum berakhir dan memakan banyak korban jiwa di dalamnya. Sisi empati Mbak You inilah yang sangat disayangkan oleh Deddy.

“Indonesia ini lagi nangis lho. Pesawat jatuh, banjir, beberapa tokoh meninggal, polarisasi. Ditambah keluar sebuah ramalan yang mengatakan akan terjadi kericuhan dan penjarahan di tahun 2021. Maksud Anda apa?,” terangnya.

Secara tegas, Deddy menyatakan bahwa apa yang dikatakan oleh Mbak You adalah kebohongan yang besar dan tidak bisa dibenarkan dari sisi konteks apapun, apalagi dari sudut pandang keagamaan.

Kemudian, ia juga menanggapi tentang adanya wacana upaya pemidanaan terhadap Mbak You. Deddy menuturkan bahwa hal itu tidak perlu terjadi. Hanya saja, dengan catatan agar Mbak You membuat statemen kepada publik bahwa apa yang disampaikannya itu adalah kebohongan belaka.

“Udahlah, mendingan minta maaf mengakui bahwa oke saya itu asal ngomong, selesai masalah,” tuturnya.

Ramalan untuk entertainment

Pria yang pernah menyabet penghargaan sebagai mentalis terbaik dunia itu menyampaikan, bahwa dirinya pernah melakukan ramalan. Di mana ia meramal skor hasil pertandingan piala dunia sepak bola pada tahun 2010. Di mana di dalam pertandingan itu Belanda kalah atas Spanyol dengan skol 0-1.

Namun, Deddy menggarisbawahi bahwa ramalan yang dilakukannya itu hanya untuk kepentingan entertainment semata. “Saya pernah prediksi koran Kompas headline-nya minggu depan apa, saya pernah prediksi hasil bola yang menang siapa sampai skornya apa. Untuk entertainment, untuk hiburan, untuk tontonan,” tegas Deddy.

[]


Pos terkait