5 Manfaat Minum Air Putih Cukup Bagi Tubuh

  • Whatsapp
drinking of water
Ilustrasi minum air putih.

Inisiatifnews.com – Minum minuman berkarbonasi, sirup atau teh memang sangat nikmati, apalagi kopi di saat suasana dingin akibat diterpa hujan atau di saat menyambut segarnya udara pagi hari.

Akan tetapi, akan jauh lebih sehat ketika kita membiasakan diri dan memperbanyak konsumsi air putih. Selain segar, air putih juga memiliki dampak yang sangat baik bagi tubuh kita.

Perlu kita ketahui bahwa 70 persen dari tubuh kita adalah air. Setidaknya, tubuh kita memerlukan asupan minimal 2 liter atau sekitar 8-10 gelas air setiap harinya. Karena fungsi dari air yang kita konsumsi adalah untuk mengangkut nutrisi ke jaringan tubuh, kemudian mengangkut sampah sisa metabolisme dari jaringan ke luar tubuh kita melalui berbagai jalur pembuangan baik dari keringat, uap pernafasan, urine maupun feses. Selain itu, air juga berguna untuk menjadi medium bagi reaksi kimia di dalam tubuh.

Karena peran air yang sangat besar itu, tentu tubuh kita membutuhkan asupan air yang lebih banyak, apalagi kita yang memiliki aktivitas fisik yang lebih tinggi sehingga mencegah kita mengalami dehidrasi. Dan air yang lebih sehat adalah air putih, apalagi jika dikonsumsi rutin setiap hari dengan kadar yang cukup bagi tubuh kita.

Lalu apa saja sih manfaat dari mengonsumsi air putih setiap hari. Berikut adalah beberapa poin yang telah Inisiatifnews.com rangkum untuk anda.

1. Membantu pembuangan toksin
Toksin adalah racun yang berasal berasal dari mikro organisme yang terserap oleh tubuh melalui sistem pencernaan maupun pernafasan kita. Dan toksin ini bisa menyebabkan penyakit atau gangguan kesehatan pada manusia.

Dan dengan mengonsumsi air putih setiap hari dengan kadar sesuai kebutuhan tubuh kita, maka tubuh akan lebih mudah membersihkan diri dari racun yang tidak diinginkan.

Jika perlu, minumlah air putih hangat karena bisa meningkatkan sirkulasi darah dan membantu memecah limbah di dalam tubuh sehingga keluar melalui saluran keringat kita.

2. Menjaga imunitas
Di situasi pandemi seperti saat ini, imunitas adalah faktor penting bagi tubuh kita agar mampu melawan berbagai bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Benda asing yang bisa merusak tubuh kita bisa dihajar habis oleh tentara pertahanan tubuh kita itu.

Saran yang paling bagus adalah dengan mengonsumsi air putih dengan kadar yang dibutuhkan oleh tubuh kita, terlebih lagi meminum air putih saat sebelum tidur malam agar tubuh kita tidak mudah mengalami dehidrasi dan bisa menurunkan tingkat imunitas di dalam tubuh. Serta bisa mengurangi risiko pusing saat bangun tidur.

3. Membantu regenerasi sel tubuh
Ingat, dengan minum air putih dengan kadar yang dibutuhkan oleh tubuh akan membantu menjaga sirkulasi oksigen di dalam darah tetap stabil. Jika oksigen di dalam darah tetap stabil, maka regenerasi sel di dalam tubuh pun akan tetap terjaga dengan baik.

4. Membantu proses pencernaan
Satu hal yang tak kalah penting bagi tubuh kita akibat mengomsumsi air putih yang cukup adalah memperlancar proses pencernaan. Karena air putih bisa membantu tubuh menyerap vitamin dan nutrisi dari setiap makanan yang kita santap.

Ingat, makanan yang kita makan juga bisa jadi mengandung serat yang sebetulnya sangat baik bagi tubuh kita. Akan tetapi, serat yang tidak ditopang dengan cairan yang cukup, maka bisa menjadi zat jahat yang bisa mengganggu sistem pencernaan kita, misalnya sembelit.

5. Kurangi risiko gangguan ginjal
Air putih adalah salah satu zat yang sangat baik bagi tubuh kita. Salah satunya adalah membantu melarutkan kalsium di dalam urin sehingga tidak membuatnya mengalami kristalisasi yang pada akhirnya mengendap di dalam ginjal kita. Kristalisasi ini yang biasa disebut dengan batu ginjal.

Maka perbanyaklah minum air putih agar seluruh racun di dalam urin kita bisa dilarutkan dengan baik.