Sandiaga Uno Diingatkan Agar Hati-hati Buka Industri Ekonomi dan Pariwisata

  • Whatsapp
sandiaga uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. [foto : twitter/sandiuno]

Inisiatifnews.com – Juru wabah dari Universitas Indonesia, Pandu Riono memberikan nasehat kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno agar mempertimbangkan secara matang, sebelum membuka geliat bisnis pariwisata di Indonesia di tengah situasi pandemi yang belum rampung ditangani.

“Nanti dulu mas Sandiaga Uno,” kata Pandu melalui akun Twitter pribadinya, Kamis (25/3/2021).

Bacaan Lainnya

Ia mengkhawatirkan, jika pembukaan industri sektor pariwisata ini tidak dicermati dengan baik, bisa jadi malah menjadi persoalan yang membuat penanggulangan pandemi COVID-19 semakin sulit.

“Bisa saja mendorong pandemi lebih sulit diatasi, bila salah persepsi dan terlalu PD (percaya diri -red) tanpa kehati-hatian dan tidak berkonsultasi ilmuwan sosial dan kesehatan publik,” ujarnya.

Perlu diketahui, bahwa Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menjadi solusi dari krisis yang diakibatkan pandemi Covid-19.

“Secara tegas kami sampaikan bahwa pariwisata dan ekonomi kretif bukanlah bagian dari pada masalah, tetapi kita adalah bagian dari pada solusi bangsa ini bisa berkembang, bisa nengatasi, dan bisa keluar dari tekanan yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19,” kata Sandiaga dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR, Kamis (25/3).

Sandiaga mengatakan, masa-masa pandemi Covid-19 ini memang menjadi masa yang sulit bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sebab, ia menyebut ada 34 juta orang Indonesia yang bergantung pada bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Namun, kata Sandiaga, saat ini kegiatan-kegiatan pariwisata sudah mulai menggeliat kembali.

“Yang harus kami harus bawahi bahwa semua ini bisa kita lakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” ujarnya. []

Pos terkait