Geger Omicron, Presiden Perintahkan Semua Akses Perbatasan Diperketat

presiden joko widodo
Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2021, Rabu (25/08/2021), di Istana Negara, Jakarta.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo mengampanyekan agar masyarakat Indonesia ikut berpartisipasi aktif untuk menanggulangi pandemi Covid-19.

Apalagi saat ini sudah muncul varian baru Covid-19 dengan kode B.1.1.529 alias Omicron.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah mendengar tentang Covid-19 varian Omicron yang mulai menyebar ke banyak negara. Varian ini, penyebarannya dinilai lebih cepat dari varian Delta,” kata Presiden Jokowi, Jumat (3/12).

Karena dasar informasi awal itulah, Presiden pun mengajak kepada semua pihak tanpa terkecuali agar benar-benar mewaspadai potensi serangan Omicron di Indonesia. Caranya adalah dengan melakukan monitoring secara ketat di akses-akses perbatasan.

“Karena itulah, saya mengingatkan masyarakat, TNI dan Polri, terutama yang bertugas di perbatasan untuk lebih waspada,” tegasnya.

Kemudian, Presiden Jokowi juga menekankan terkait dengan pencapaian vaksinasi Covid-19. Ia ingin agar seluruh masyarakat bisa segera mendapatkan manfaat vaksin tersebut agar pandemi bisa lekas diatasi dengan baik.

“Bersamaan dengan itu, kita terus mempercepat dan menggencarkan program vaksinasi Covid-19, terutama kepada provinsi yang capaian vaksinasinya masih rendah,” ucap Presiden.

Namun lebih daripada itu, penerapan protokol kesehatan menjadi hal utama yang wajib dijalankan oleh masyarakat untuk meminimalisir pemaparan virus.

“Protokol kesehatan tetap harus dijalankan, pengetesan dan pelacakan kasus di setiap wilayah Indonesia perlu ditingkatkan,” pungkasnya.

Pos terkait