Waduh Bobol, Omicron Masuk Indonesia

Omicron
Ilustrasi varian Covid-19 Omicron.

Jakarta, Inisiatifnew.com Covid 19 varian Omicron dikabarkan sudah terdeteksi di Indonesia, hal tersebut diungkap Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12).

Menurut Menkes, ada 5 kasus probable varian Omicron ditemukan pada dua Warga Negara Indonesia (WNI) dan tiga Warga Negara Asing (WNA).

Bacaan Lainnya

Dua kasus WNI yang baru kembali Amerika Serikat dan Inggris. Kedua WNI ini sekarang sedang diisolasi di Wisma Atlet. Tiga kasus probable lainnya adalah Warga Negara Asing dari Tiongkok yang datang ke Manado, sekarang diisolasi dikarantina di Manado,” jelas Menkes.

Menurut Budi, kelima kasus tersebut masih bersifat kemungkinan dan belum ada konfirmasi lebih lanjut apakah kasus tersebut disebabkan varian Omicron. Ia pun berharap, kepastian tentang kasus tersebut bisa diberi kepastian tiga hari ke depan.

“Lima orang ini sifatnya masih probable karena baru dites PCR dengan marker khusus dan sampel PCR-nya yang positif dari 5 sudah dikirimkan ke badan litbang kesehatan dan sedang kita run tes genome sequencing-nya. Diharapkan tiga hari ke depan kita sudah bisa mengonfirmasikan Omicron atau tidak,” pungkas Menkes.

Pos terkait