Ini 5 Daftar Vaksin yang Boleh Jadi Booster

Penny Kusumastuti Lukito
Kepala Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM), Penny Kusumastuti Lukito.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat 5 vaksin sebagai booster vaksin COVID-19. Pelaksanaan perdana vaksin booster untuk masyarakat umum akan digelar 12 Januari mendatang.

“Dalam hal ini ada lima vaksin yang telah mendapatkan EUA,” kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers, Senin (10/1/2022).

Bacaan Lainnya

Adapun vaksin COVID-19 yang diberikan EUA untuk booster adalah:

CoronaVac (Sinovac)
Pfizer
AstraZeneca
Moderna
Zifivax

Dalam kesempatan tersebut, Penny juga mengatakan pemberian rekomendasi vaksin booster COVID-19 ini sudah mendapat rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

Persetujuan pemberian izin ini diberikan untuk skema homologus atau penyuntikan dosis ketiga dengan merek yang sama dengan dua dosis sebelumnya.

Ke depannya, ada dua skema pemberian vaksin booster di Indonesia yakni gratis dan mandiri atau berbayar. Untuk skema mandiri, Kemenkes belum mengeluarkan aturan lebih lanjut mengenai harga dan jenis vaksin COVID-19 yang akan digunakan.

Program vaksin booster ini akan menyasar golongan warga lanjut usia (lansia) terlebih dahulu dan kelompok peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang akan mendapatkan booster secara gratis.

Pos terkait