Gratiskan Vaksin Booster, Jokowi : Keselamatan Rakyat yang Utama

jokowi
Presiden Joko Widodo.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Presiden Jokowi memutuskan suntikan vaksinasi covid-19 dosis ke 3 atau booster kepada masyarakat Indonesia akan kembali dilakukan secara gratis.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengklaim bahwa kebutuhan masyarakat adalah yang utama sehingga program vaksinasi harus terus dikebut.

Bacaan Lainnya

“Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” kata Jokowi, Selasa (11/1).

Vaksinasi ini ditegaskan oleh Jokowi, akan mulai dilakukan per tanggal 12 Januari 2022 mendatang. Layaknya dosis pertama, vaksinasi ketiga ini akan diprioritaskan ke kelompok tertentu dahulu.

“Pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan. Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus COVID-19 yang terus bermutasi,” tegasnya.

Mantan Walikota Solo itu juga menegaskan, ada syarat khusus untuk mereka yang mau mendapatkan dosis ketiga vaksinasi tersebut.

“Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiga ini adalah calon penerima sudah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya,” terangnya.

Ditambahkan Jokowi, dengan kondisi vaksinasi yang saat ini sudah hampir menjamah seluruh masyarakat Indonesia, namun diharapkan masyarakat jangan semakin sembrono dalam menjaga protokol kesehatan.

“Meski sudah divaksin, saya mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Karena vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi COVID-19,” pungkasnya.

Pos terkait