Disuspend Youtube, Calon Sarjana Buka Channel Baru

  • Whatsapp
calon sarjana
Channel Calon Sarjana dibanned.

Inisiatifnews.com – Akun salah satu youtuber terviral di Indonesia, Calon Sarjana sudah dihapus oleh pihak Youtube lantaran melanggar kebijakan privasi. Penghapusan channel kumpulan video unik dan lucu ini dibenarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Ternyata di-suspend oleh Youtube karena pelanggaran HAKI (Hak Kekayaan Intelektual),” kata juru bicara Kominfo, Ferdinandus Setu kepada wartawan, Kamis (23/1/2020).

Bacaan Lainnya

Statemen ini sekaligus membantah anggapan publik bahwa akun Calon Sarjana itu dihapus Youtube karena permintaan dari pemerintah Indonesia.

“Akun Calon Sarjana banyak menggunakan thumbnail video milik akun lain di luar negeri secara tanpa izin. Jadi bukan atas permintaan Kominfo,” ujarnya.

Salah satu Youtuber asal Inggris, JT menjadi salah satu penyebab mengapa channel Calon Sarjana hilang dari Youtube dan kena sanksi tegas yakni suspend. Hal ini lantaran JT melaporkan bahwa beberapa thumbnail miliknya dipakai oleh Calon Sarjana sebagai thumbnail di dalam videonya.

Bahkan ia juga menemukan bahwa di video yang diunggah oleh channel Calon Sarjana juga menggunakan karya hak cipta dari kreator youtube lainnya. Kondisi ini akhirnya membuat ia kesal dan melaporkan Calon Sarjana ke pihak Youtube untuk disanksi tegas.

“Jadi saya adalah salah satu strike, dan tentu saja butuh tiga strike untuk menghapus akun, dan saya salah satunya,” kata JT dalam videonya yang diunggah berjudul “i terminated a YouTuber with 13 MILLION Subs…”.

Calon Sarjana Buat Channel Baru

Namun diketahui, bahwa saat ini muncul akun Calon Sarjana yang diklaim sebagai channel penggantinya yang kena suspend dari Youtube. Di dalam video unggahan pertamanya berjudul “Konfirmasi Kami Calon Sarjana”, mereka membenarkan bahwa channel mereka diblokir oleh Youtube.

“Kemarin kami diberi pemberitahuan oleh Youtube bahwa channel kami dibanned. Hal yang menyebalkan pastinya. Mohon maaf untuk semua,” tulis Calon Sarjana.

Dan mereka juga menyampaikan permohonan maafnya dan akan melakukan perbaikan di dalam channel video youtube barunya itu.

“Di channel yang baru ini, kami akan memperbaiki kesalahan kami,” imbuhnya.

[RED]

Pos terkait