Google Hentikan Layanan Google Station di India

  • Whatsapp
Google Station
Google Station at India.

Inisiatifnews.com – Perusahaan raksasa internet Google mengabarkan bahwa pihaknya telah menghentikan layanan Google Station mereka di India.

Google Station adalah sebuah layanan Google yang memungkinkan mitra untuk meluncurkan hotspot Wi-Fi di tempat umum dengan menyediakan perangkat lunak dan saran tentang perangkat keras untuk mengubah koneksi serat menjadi Wi-Fi.

Bacaan Lainnya

Pengumuman penghentian Google Station ini dilakukan per hari ini, Senin (17/2). Lebih dari 400 stasiun kereta api di India dan “ribuan” tempat umum lainnya di beberapa zonasi umum yang pernah mendapatkan layanan tersebut.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Vice President, Next Billion Users Team Google Caesar Sengupta mengatakan, bahwa program yang diluncurkan pada 2015 ini sudah membantu jutaan pengguna untuk menjelajahi internet. Dan untuk pertama kali bagi banyak masyarakat akhirnya tidak khawatir dengan biaya jumlah data yang mereka konsumsi. Namun karena biaya akses data internet di India cenderung murah dan masyarakat dipermudah untuk menjaring di dunia maya, sehingga Google Station merasa tidak diperlukan lagi oleh publik India.

“Tetapi karena harga data seluler menjadi lebih murah di banyak pasar termasuk India, Google Station tidak lagi diperlukan,” kata Caesar dikutip dari TechCrunch. “Perusahaan berencana untuk menghentikan program tahun ini,” imbuhnya.

Selain itu, kondisi saat ini pun dianggap Caesar sulit bagi Google untuk menemukan model bisnis yang berkelanjutan untuk meningkatkan skala program, kata perusahaan itu, yang dalam beberapa tahun terakhir memperluas Station ke Indonesia, Meksiko, Thailand, Nigeria, Filipina, Brasil, dan Vietnam.

“Perusahaan meluncurkan program di Afrika Selatan hanya tiga bulan lalu,” ujarnya.

Kemudian, Caesar juga mengatakan bahwa selama bertahun-tahun, Google juga mencari cara untuk menguangkan program Google Station. Perusahaan, misalnya, mulai menampilkan iklan ketika pengguna masuk untuk terhubung ke layanan internetnya.

Perlu diketahui, bahwa setahun setelah Google mengumumkan upayanya untuk menawarkan Wi-Fi gratis di India, orang terkaya di negara itu, Mukesh Ambani, meluncurkan jaringan telekomunikasi Reliance Jio. Provider tersebut menawarkan kepada pelanggan sebagian besar data 4G tanpa biaya untuk jangka waktu yang lama. Kondisi ini pun memaksa operator telekomunikasi lain untuk memangkas tarif mereka.

Google bukan satu-satunya raksasa teknologi yang telah bekerja untuk menawarkan internet gratis kepada pengguna di pasar negara berkembang. Salah satunya yakni adalah Facebook melalui program Internet.org. Sayangnya, program yang pernah diluncurkan pada tahun 2017 tersebut dilarang di India karena melanggar peraturan netralitas.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait