Uki : Lawan Hoaks dengan Cek Fakta, Transparansi Informasi dan Tindak Hukum

  • Whatsapp
IMG 20201023 224026
Ilustrasi pemblokiran akun sosial media.

Inisiatifnews.com – Eks juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek “Uki” Prayudi memberikan saran kepada pemegang kekuasaan pemerintahan agar tidak salah dalam mengambil kebijakan penanggulangan hoaks di sosial media.

Ia juga mengingatkan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) agar tidak asal memblokir akun-akun penyebar disinformasi tersebut.

Bacaan Lainnya

“Melawan hoaks jangan karena malas, jadi gak tegas alias ayam sayur,” kata Uki, Jumat (23/10/2020).

Cara menanggulangi hoaks di media sosial adalah dengan melakukan cek fakta terlebih dahulu. Kemudian melakukan counter narasi dengan cara melakukan transparansi informasi kepada publik seluas-luasnya. Selanjutnya adalah penindakan hukum yang tegas kepada para pembuat dan penyebar hoaks tersebut sesuai dengan aturan dan mekanisme hukum yang berlaku.

“Intinya, cek fakta, counter hoaks dengan transparansi informasi, dan hukum produsen dan distributor hoaks sesuai UU,” tuturnya.

Menurut Uki, jika ketiga poin ini dijalankan oleh pemerintah dan aparat penegak hukum, akan sangat efektif untuk menanggulangi hoaks dan disinformasi yang saat ini bertebaran luas di media sosial.

“Ini tepat nih, sebagai satu kesatuan kebijakan,” sambungnya.

Perlu diketahui, bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah menyiapkan Peraturan Menteri (Permen) yang akan mengatur dengan jelas tahapan pemblokiran media sosial.

Hal ini seperti yang diutaraka oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel A. Pangerapan. Ia menjelaskan bahwa Peraturan Menteri akan membahas soal sanksi administratif dan kejelasan hukum dalam pemblokiran media sosial.

“Apalagi kita nantinya akan ada permen baru di mana tahapannya lebih jelas dan sebelum melakukan pemblokiran itu ada tahapan dikenakan sanksi administratif seperti denda. Itu akan memberikan efek jera dan nanti akan lebih jelas aturannya yang mana,” kata Semuel dalam konferensi virtual, Senin (19/10).

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait