Lieus Ngamuk di LP Cipinang, Karutan Jelaskan Jadwal Kunjungan Napi

  • Whatsapp
Oga Dermawan
Kepala Rutan Lembaga Pemasyarakatan Klas I, Cipinang, Jakarta Timur, Oga G Darmawan. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews – Heboh aksi protes dan sikap tempramen aktivis tionghoa, Lieus Sungkarisma di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang Jakarta Timur pun menyita perhatian publik.

Betapa tidak, dalam beberapa penggalan video amatir yang dibagikan di sosial media, tampak Lieus protes lantaran tidak diberikan ijin untuk menjenguk Ahmad Dhani Prasetyo yang tengah mendekam di dalam jeruji besi pada hari Minggu. Lieus saat itu ditemani oleh tokoh publik Jaya Suprana.

Bacaan Lainnya

Akibat peristiwa tersebut, Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Oga Geofani Darmawan memberikan penjelasan mengapa Lieus dan Jaya tidak diijinkan untuk menjenguk caleg dari Partai Gerindra itu.

“Jadwal kunjungan tahanan adalah di hari kerja, Senin-Jum’at. Sabtu dan Minggu tidak ada jadwal kunjungan,” kata Oga kepada wartawan, Minggu (3/2/2019).

Oga menjelaskan bahwa jadwal dan aturan tentang kunjungan telah disosialisasikan kepada masyarakat, termasuk keluarga. Pengumuman tersebut, kata dia, agar masyarakat lebih mudah untuk mengakses informasi dan tidak terjadi kesalahan saat hendak menjenguk tahanan.

“Kami telah menempatkan pengumuman di depan rutan terkait peraturan kunjungan, jadwal, alur serta apa saja yang dilarang dibawa ke dalam rutan,” jelasnya.

Sementara itu dalam pengakuan di dalam video amatir tersebut, Lieus mengaku sudah mengantongi ijin dari Kejaksaan, namun Oga menyatakan bahwa jadwal kunjungan di Rutan yang dibinanya itu berlaku bagi siapapun.

“Kami tidak bisa berikan izin berkunjung karena hari Minggu bukan termasuk jadwal berkunjung tahanan,” ucapnya.

Perlu diketahui bahwa aturan kunjungan sudah ditetapkan dalam Surat Edaran Direktur Jenderal PAS No PAS-320.PK.01.04.01 Tahun 2016.

Selain regulasi tersebut, ada juga Peraturan Pemerintah No 27 Tahun 1983 tentang Pelaksanaan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHP). Dimana dalam Pasal 20 ayat 1 mengatakan bahwa izin kunjungan bagi penasihat hukum, keluarga dan lain-lainnya diberikan oleh pejabat yang bertanggung jawab secara yuridis atas tahanan itu.

Lihat penjelasan jadwal dan teknis kunjungan di Lapas Cipinang.

Sementara dalam video itu, Lieus dan Jaya Suprana mengunjungi Rutan Cipinang pada hari Minggu. Meskipun tetap dengan nada marah-marah, pihak lapas pun tetap memberikan penjelasan dengan baik kepada kedua tokoh tersebut.

“Lu jangan bikin susah rakyat, peraturan ini harus mempermudah. Telepon Karutannya,” kata Lieus sambil teriak-teriak di depan Lapas.

Video aksi Lieus di Rutan Cipinang Jakarta Timur pada hari Minggu (3/2/2019).

[ibn]

Pos terkait