Mahfud MD Ingatkan Hukum Tak Dipolitisasi

  • Whatsapp
Mahfud mD

Inisiatifnews – Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, Prof Mohammad Mahfud MD mengingatkan kepada siapapun untuk tidak mempolitisasi hukum di Indonesia.

“Ingat, menjaga politik hukum itu penting tetapi melakukan politisasi hukum itu berbahaya bagi negara hukum kita,” kata Mahfud saat menyampaikan amanah pada pelantikan Pengurus Daerah Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara dan Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN) Provinsi Jawa Timur di Aula Kantor Dinas Tenaga Kerja Jawa Timur di Jalan Dukuh Menanggal Surabaya, Minggu (3/2/2019) malam.

Bacaan Lainnya

Kemudian mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013 tersebut juga menekankan bahwa hukum harus ditegakkan sesuai dengan koridornya, sekalipun penegakan hukum tersebut tidak sesuai dengan pilihan politik tertentu.

“Yang benar harus dikatakan sebenarnya, meskipun tidak sejalan dengan pilihan politik kita,” tegasnya.

Pakar hukum yang juga menjabat sebagai Ketua Umum APHTN-HAN ini pun menilai, bahwa hukum berada di atas politik. Bahkan ia mengibaratkan hukum adalah tulang dalam tubuh, sementara politik adalah dagingnya.

“Ibarat tubuh, hukum tata negara itu tulang dan kerangkanya. Sedangkan politik adalah daging dan uratnya,” tutur Mahfud. [ibn]

Pos terkait