Mahfud MD Ingatkan Ada Pihak yang Niat Adu Domba dan Ganggu Demokrasi Indonesia

Inisiatifnews – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Mohammad Mahfud MD menyebutkan bahwa saat ini banyak upaya mengadu domba rakyat dan upaya mengganggu pemilu legislatif serta pemilu presiden yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

Padahal tujuan pemilu itu memilih yang lebih baik dari yang ada. Sesudah itu, yang menang harus dihormati dan yang kalah harus dirangkul.

Bacaan Lainnya

“Mereka menyeru ‘jangan ini, jangan itu’. ‘Itu bahaya, itu kafir, itu musuh kita’. Macam-macam. Padahal, pemilu itu memilih lebih baik dari yang ada,” kata Mahfud dalam agenda Jelajah Kebangsaa di Jombang, Jawa Timur, Rabu (20/2/2019).

Guru besar Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta itu dilontarkan usai menjadi narasumber acara ‘Dialog Suluh Kebangsaan; Meneladani Nasionalisme Religius Ulama Hadratusy Syaikh KH Hasyim Asyari’, di Stasiun KA Jombang.

Tetapi Mahfud tidak merinci siapa pihak yang berupaya mengadu domba rakyat tersebut. Dia hanya mengatakan, dirinya keliling untuk melakukan dialog kebangsaan guna membangun persatuan dan kesatuan.

Selain Mahfud, didapuk sebagai pembicara dalam acara itu, Alissa Wahid (putri Gus Dur), Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans), serta Dr Siti Ruhaini Dzuhayatin.

Hal senada juga dikatakan Mahfud saat berbicara di depan forum. Menurutnya, pemilu 2019 ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Pasalnya, saat ini teknologi sudah dikuasai masyarakat.

Namun demikian, tidak semuanya menggunakan teknologi tersebut untuk tujuan baik. Misalnya, menggunakan teknologi untuk menyebar hoaks.

“Ada yang menyebar hoaks dengan tujuannya mengganggu pemilu. Penyebar hoaks ini orang yang memiliki kecenderungan mengganggu pemilu,” ujar Mahfud.

Mahfud menganggap, dialog kebangsaan seperti yang dilakukannya penting ditularkan dan ditiru, guna mencegah perpecahan bangsa.

Pos terkait