Mabes Polri Sebut Hoaks Jadi Gangguan Pemilu

  • Whatsapp
Brigjen Pol Budi Setiawan
Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Budi Setiawan.

Inisiatifnews – Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Budi Setiawan mengatakan bahwa berita bohong alias hoaks adalah salah satu ancaman yang terjadi di pemilu 2019.

“Gangguan yang terjadi pada Pemilu yaitu money politic, black campaign dan hoaks. Dan hoaks adalah bagaimana untuk memprovokasi dengan sumber yang tidak jelas,” kata Brigjen Pol Budi dalam diskusi di Aula Trening Center Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Jumat (22/2/2019).

Bacaan Lainnya

Kemudian jenderal polisi bintang satu itu menyampaikan bahwa dalam kata lain, hoaks sering digunakan untuk perbuatan jahat.

“Dalam Oxford English hoaks sebagai kebohongan yang dibuat untuk kejahatan,” terangnya.

Dan dampak dari penyebaran berita bohong tersebut kata Budi adalah perpecahan antar sesama anak bangsa. Hal ini lantaran biasanya konten hoaks dalam persaingan politik elektoral seperti pemilu 2019 selalu menyinggung masa fundamental bangsa seperti suku, rasa, agama dan antar golongan.

“Dalam kejahatan hoaks ini sering menyerang satu sama lain dalam ranah sara, agama dan sebagainya. Dan hoaks akan terus diteruskan supaya semua orang tertuju ke yang di hoaks-kan,” imbuhnya.

Maka dari itu, ia pun mengimbau kepada para generasi muda seperti Mahasiswa untuk memperkuat benteng diri agar tidak menjadi sasaran empuk penyebaran hoaks tersebut. Salah satunya adalah dengan memperbanyak membaca dan memperkaya literasi.

“Tugas Mahasiswa bagaimana mengawal agar hoaks tidak leluasa di Indonesia dan bisa menangkal hoaks yang dapat memecah belah bangsa. Cegah hoaks dengan rajin membaca, cek, dan pastikan keabsahan beritanya,” tegas Budi.

[NOE]

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait