Mulai Buka Pemesanan Tiket Lebaran, KAI Batasi Berat Bagasi

Inisiatifnews – PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka pemesanan tiket untuk Angkutan Lebaran sejak 25 Februari 2019. Demi kenyamanan, KAI mengimbau kepada calon penumpang untuk membawa barang bawaan secukupnya. 

KAI memberikan ketentuan, setiap penumpang diberikan bagasi gratis sampai berat maksimum 20 kg dengan volume maksimum 100 dm3 (dimensi maksimal 70x48x30 cm) dan sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 (empat) koli (item bagasi).

Bacaan Lainnya

Jika saat boarding di stasiun, penumpang ketahuan membawa barang yang melebihi ketentuan tersebut, maka mereka dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000/kg untuk kelas eksekutif, Rp 6.000/kg untuk kelas bisnis atau ekonomi komersial, dan Rp2.000/kg untuk kelas ekonomi PSO. 

Barang bawaan penumpang tersebut harus diletakkan pada rak bagasi di atas tempat duduk penumpang atau diletakkan di tempat lain sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu atau membahayakan penumpang lain dan tidak menimbulkan kerusakan pada kereta.

Sementara itu, penumpang dengan barang bawaan lebih dari 40 kg atau 200 dm³ tidak diperkenankan untuk membawa barang bawaannya ke dalam kabin kereta penumpang dan disarankan untuk mengangkut barangnya dengan menggunakan jasa ekspedisi KA.

KAI juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membawa barang-barang yang dilarang dibawa sebagai bagasi di antaranya binatang, narkotika, senjata api/tajam, benda yang mudah terbakar/meledak. 

Selain itu juga tidak membawa benda yang berbau busuk/amis atau benda yang karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya, barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan, dan barang lainnya yang menurut pertimbangan petugas boarding tidak pantas diangkut sebagai bagasi karena keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi.

“Pengaturan bagasi ini sudah ditetapkan sejak tahun 2015 untuk kelancaran operasional dan kenyamanan seluruh penumpang. Dengan diberlakukannya peraturan pembatasan barang bawaan ini, KAI berharap penumpang akan merasa lebih aman dan nyaman selama perjalanan dengan KA,” kata VP Public Relations KAI Agus Komarudin.[SA]

Pos terkait