Di Pekanbaru, Mahfud MD Sebut Hukum di Negara Demokrasi Harus Ditegakkan

  • Whatsapp
Mahfud MD
Sarasehan Suluh Kebangsaan di Hotel Arya Duta, Pekanbaru, Riau. [foto : Riaupos.com]

Inisiatifnews – Memiliki concern dengan peradaban bangsa yang demokratis, Gerakan Suluh Kebangsaan terus melakukan pencerahan di berbagai daerah di Indonesia.

Kali ini Gerakan Suluh Kebangsaan yang dipimpin oleh Prof Mohammad Mahfud MD itu menyambangi Pekanbaru, Riau.

Bacaan Lainnya

Di Hotel Arya Duta Pekanbaru, Mahfud bersama para tokoh nasional membagikan pemahaman, bahwa penegakan hukum di Indonesia adalah sebuah keniscayaan.

“Demokrasi harus sejalan nemokrasi (hukum). Kalau tidak, akan ada demokrasi yang otoriter,” kata Mahfud dalam Sarasehan Gerakan Suluh Kebangsaan di Hotel Arya Duta, Pekanbaru, Riau, Sabtu (30/3/2019).

Kemudian, Mahfud yang juga merupakan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menilai, bahwa sebuah negara akan runtuh jika keadilan tidak ditegakkan untuk semuanya.

Selain itu, Mahfud juga menilai bahwa dalam negara yang menjunjung tinggi demokrasinya, harus ada yang namanya liberte (kebebasan) dan egalite (kesejajaran). Kemudian harus adanya kesejahteraan dan seluruhnya harus berjalan beriringan.

“Yang ketiga adalah freternete (kesejahteraan). Dan ketiganya wajib ada dan sejalan semuanya,” tuturnya.

Perlu diketahui bahwa dalam kegiatan tersebut, hadir pula Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode Muhammad Syarif. Kemudian hadir pula Dr Alaidin Koto, Dr Ellydar Chaidir, Dr Akhmad Mujahidin serta Dr Siti Ruhaini Dzuhayatin.

[REL/NOE]

Pos terkait