Rizieq Sebut Retno Kondisikan Jokowi Menang di Arab Saudi, Kemenlu: Fitnah!

rizieq
Habib Rizieq Shihab

Inisiatifnews – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Muhammad Rizieq bin Shihab melalui video yang diterbitkan oleh Front TV menyebutkan bahwa, kedatangan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Arab Saudi sekaligus untuk menggalang kemenangan Jokowi-Maruf dalam Pilpres 2019.

Hal ini disampaikan Habib Rizieq bahwa upaya tersebut dilakukan Retno Marsudi saat berkunjung ke KBRI dan KJRI di Arab Saudi.

Bacaan Lainnya

“Beberapa waktu lalu Menteri Luar Negeri datang ke Saudi Arabia kemudian melakukan pertemuan di KBRI maupun di KJRI. Selanjutnya Menteri Luar Negeri tanpa malu-malu tanpa sungkan-sungkan secara terang-terangan mengajak kepada para staf dan seluruh pekerja yang ada di KBRI maupun yang ada di KJRI agar bekerja keras memenangkan paslon 01 yaitu Jokowi,” kata Habib Rizieq melalui video yang tayang pada hari Senin (1/4/2019).

Kemudian Habib Rizieq pun menyebutkan bahwa seruan Retno Marsudi juga bernada ancaman. Hanya saja ancaman seperti yang disampaikan Retno itu tidak dijekaslan detail olehnya.

“Apa yang disampaikan Menteri Luar Negeri tersebut bernada ancaman dan itu sangat merisaukan seluruh staf maupun para pegawai yang kerja yang ada di KBRI dan KJRI,” terangnya.

Selanjutnya, Habib Rizieq juga menyebutkan bahwa informasi tentang kedatangan Retno Merasudi dan narasi penggalangan dukungan tersebut didapatkan dari sahabat-sahabatnya yang bekerja di KJRI maupun di KBRI Arab Saudi.

“Saya mendapatkan laporkan ini langsung dari kawan-kawan yang ada di KBRI maupun di KJRI yang mereka resah yang mereka galau dan mereka merasa kebebasan serta kemerdekaan mereka dirampas,” tuturnya.

Mendapati narasi Habib Rizieq semacam itu, pihak Kementerian Luar Negeri pun langsung membantahnya, dan menyebutkan bahwa apa yang disampaikan petinggi FPI itu adalah fitnah belaka.

“Video itu tidak benar, bahwa Menteri Luar Negeri mengimbau perwakilan di luar negeri untuk memenangkan salah satu capres. Justru, Ibu Menlu selalu menekankan kepada semua perwakilan di luar negeri untuk bersikap netral,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Cikini, Senin.

Kemudian statemen Arrmanatha itu juga seirama dengan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu Lalu Muhammad Iqbal yang turut mendampingi Menlu Retno dalam kunjungan ke Jeddah dan beberapa negara Timur Tengah awal Maret lalu.

Ia menegaskan bahwa sepanjang kunjungan ke Timur Tengah, ia mengaku selalu berada di samping Retno Marsudi. Dan apa yang dinarasikan Habib Rizieq yang disebutnya dengan istilah RS (Rizieq Shihab) itu tidak benar adanya.

“Sekali lagi kami tegaskan, bahwa pernyataan dalam video RS dalam video itu fitnah, karena saya berada di samping Ibu Menlu dalam kunjungan itu dan tidak ada satu pun pernyataan Menlu tentang dukung-mendukung salah satu capres,” kata Iqbal.

Video tudingan Habib Rizieq terhadap Retno Marsudi melakukan penggalangan bisa dilihat di menit ke 3.25.

https://www.youtube.com/watch?v=xFxAXurQnII

[NOE]

Pos terkait