Buchori Muslim Ditahan, PA 212 Siapkan Pembelaan

  • Whatsapp
slamet maarif doorstop
Slamet Maarif.

Inisiatifnews – Ketua Umun DPP Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Maarif menegaskan bahwa kasus yang tengah menimpa salah satu pengurusnya yakni Ahmad Buchori Muslim sejatinya adalah kasus lama dan kasus pribadi, tidak ada kaitannya dengan organisasi.

Pun demikian, Slamet merasa heran mengapa kasus yang sebetulnya sudah lama terjadi yakni di tahun 2018 lalu itu beralih menjadi perkara pidana yang menurutnya adalah perkara perdata.

Bacaan Lainnya

“Perkara UBM (Ustadz Buchori Muslim -red) adalah kasus pribadi terkait perselisihan bisnis travel dan utang piutang, itu pun kasus lama. Seharusnya masuk kasus perdata, tetapi entah kenapa dapat beralih menjadikannya kasus pidana, lalu langsung digrebek dan ditahan, tanpa proses pemanggilan dan pemeriksaan sebagamana mestinya,” kata Slamet dalam siaran persnya, Jumat (5/4/2019).

Slamet Maarif menduga bahwa penangkapan dan penahanan sahabatnya itu ada kaitannya dengan posisi Buchori Muslim sebagai caleg dan bagian dari organisasi PA 212.

“Tampaknya ada kaitan masalah politik dengan statusnya sebagai Caleg salah satu Parpol, sekaligus sebagai Aktivis 212,” ujarnya.

Pun demikian, Slamet Maarif juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah membentuk tim kuasa hukum untuk mengawal kasus Buchori Muslim itu.

“Jadi kami dari PA 212 tetap akan selalu mendampingi dan melakukan pembelaan terhadap UBM semaksimal mungkin termasuk monitoring perkembangan penanganan kasusnya,” tegasnya.

Terakhir, ia menyampaikan bahwa pihaknya pun akan mengupayakan agar ditangguhkannya status penahanan Buchori Muslim dari Mapolda Metro Jaya.

“Selanjutnya kami melalui para pengacara terhadap penahanan yang bersangkutan, akan mengambil langkah hukum, diantaranya sesegera mungkin akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan,” papar Slamet.

[NOE]

Pos terkait