KPU Minta Publik Tak Berpolemik Soal Kasus Susu di Malaysia

  • Whatsapp
Arief Budiman naik motor
Ketua KPU, Arief Budiman naik motor saat hadiri Grand Launching Inisiatifnews.com.

Inisiatifnews – Polemik tentang surat suara (susu) yang tercoblos di Selangor Malaysia masing berlanjut, pro dan kontra masih terus mengalir di kalangan masyarakat bahkan ada sebagian kalangan yang menilai bahwa temuan dan penggerebekan dua lokasi yang ditemukan kasus tersebut hanyalah rekayasa semata.

Mengantisipasi polemik yang kian memanjang di kalangan masyarakat terkait dengan kasus tersebut, Ketua Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman meminta agar masyarakat menunggu saja hasil akhir dari kasus tersebut dan segera menghentikan polemik dan mengambil kesimpulan sendiri.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Arief lantaran pihaknya masih terus melakukan upaya penuntasan kasus tersebut sehingga ditemukan apa yang menjadi penyebab dan peristiwa sebenarnya.

“Kami masih menunggu itu, jadi mohon tidak mengambil kesimpulan sendiri-sendiri tidak kemudian berpolemik,” kata Arief di Media Center Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019) malam.

Beberapa hal yang harus dipastikan oleh KPU terkait dengan kasus tersebut, antara lain adalah kedua tempat ditemukannya surat suara tercoblos itu milik siapa dan kebanaran terkait dengan surat suara apakah benar-benar kertas suara dari KPU atau tidak.

Termasuk juga terkait dengan kepastian jumlah surat suara yang ditemukan di Selangor itu dan siapa sebenarnya yang pertama kali menemukannya.

Reaksonil dari KPU sendiri menurut Arief juga diupayakan secepat mungkin, apalagi jika mendapati temuan-temuan semacam itu. Sehingga hal ini disampaikannya agar masyarakat luas tidak perlu cemas dengan dugaan pelanggaran pemilu tersebut.

“Kami kalau ada kejadian seperti ini juga langsung cepat dan kami minta mereka melakukan pemberitahuan, tapi karena ini menyangkut beberapa hal yang bisa sangat sensitif karena berada di negara lain, maka kami melakukan pengecekan dengan sangat hati-hati,” terangnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin juga membenarkan bahwa memang ada temuan surat suara tercoblos di Selangor Malaysia. Hal ini disampaikan berdasarkan laporan dari Panwaslu di Malaysia.

“Bahwa kalau ditanyakan ke jajaran kami pengawas apakah peristiwa yang ada dan terjadi itu benar adanya, peristiwanya ada. Hanya kami akan memastikan peristiwa yang ada dan saat kejadian itu Panwas kami menerima informasi datang di sekitar 13.00-an tersebut untuk kami kami dalami,” kata Afifuddin di kantornya.

Hari ini, Jumat (12/4) pihaknya bersama KPU akan terbang ke Malaysia untuk melakukan pengecekan langsung terhadap peristiwa itu. Beberapa hal yang akan didalami oleh kedua lembaga penyelenggara pemilu tersebut dikatakan Afifuddin adalah soal lokasi penyimpanan kertas surat suara di Malaysia terlebih dahulu.

“Besok (hari ini -red) akan berangkat dari tim Bawaslu dan KPU juga tentang satu hal, surat suara disimpannya di mana, apakah surat suara tersebut memang surat suara yang benar-benar dicetak KPU. Siapa yang melakukan,” terangnya.

[NOE]

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait