Hasil Quick Count Siang Ini, Jokowi Masih Ungguli Prabowo

  • Whatsapp
jokowi, prabowo
Jokowi dan Prabowo di Istana Merdeka. [istimewa]

Inisiatifnews – Ada lima lembaga survei yang sampai saat ini masih melakukan proses perhitungan cepat (quick count) dari hasil Pilpres 2019. Beberapa diantaranya adalah Litbang Kompas, Indo Barometer, LSI Denny JA, Median dan Kedai Kopi.

Namun demikian, semua Calon Presiden tetap meminta kepada para pendukungnya agar lebih mengutamakan menunggu hasil rekapitulasi suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dana rilis real count mereka.

Bacaan Lainnya

Salah satunya adalah Joko Widodo. Capres nomor urut 01 itu tak menampik hasil quick count beberapa lembaga survei yang menempatkan dirinya bersama KH Maruf Amin berada di persentase tertinggi. Namun demikian, ia meminta agar hasil KPU yang harus menjadi rujukan utamanya.

“Dari indikasi exit poll dan quick count telah kita lihat semuanya, tapi kita harus bersabar dan menunggu perhitungan dari KPU secara resmi,” ujar Jokowi yang didamping Ma’ruf Amin dalam jumpa pers di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2019).

Sementara itu Anggota Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Letjen (Purn) TNI Johannes Suryo Prabowo juga meminta agar semua pihak tidak terpancing dengan hasil quick count beberapa lembaga survei yang menempatkan Jokowi-Maruf berada di persentase tertinggi.

Namun ia meminta kepada seluruh relawan dan pendukung Prabowo-Sandi untuk menunggu hasil real count dari KPU saja.

“Jadi kita tunggu real count saja,” tutur Suryo Prabowo.

Lantas bagaimana dengan hasil quick count 5 lembaga survei tersebut. Bahwa saat berita ini diturunkan, data mereka sudah masuk lebih dari 90 persen. Dan berikut adalah data mereka per tanggal 18 April 2019 pukul 12.44 WIB ;

1. Litbang Kompas :
Jokowi-Maruf : 54.44
Prabowo-Sandi : 45.56

2. Indo Barometer :
Jokowi-Maruf : 54.32
Prabowo-Sandi : 45.68

3. LSI Denny JA :
Jokowi-Maruf : 55.78
Prabowo-Sandi : 44.22

4. Median :
Jokowi-Maruf : 54.6
Prabowo-Sandi : 45.4

5. Kedai Kopi :
Jokowi-Maruf : 52.94
Prabowo-Sandi : 44.71

Pos terkait