MK Sebut Putusan Sidang Bisa Saja Dipercepat

  • Whatsapp
Fajar Laksono
Humas Mahkamah Konstitusi (MK, Fajar Laksono.

Inisiatifnews – Juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono menyampaikan bahwa sidang pembacaan putusan oleh hakim majelis tengang gugatan Pilpres 2019 tidak pasti akan digelar tanggal 28 Juni 2019. Bahkan bisa saja dipercepat.

“Bisa saja (dipercepat) sepanjang majelis hakim memandang cukup untuk melakukan sidang pengucapan putusan sebelum tanggal 28 bisa saja kan begitu. Yang pasti yang tidak boleh adalah melampaui tanggal 28,” kata Fajar di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2019).

Bacaan Lainnya

Namun demikian, ia belum bisa memastikan kapan sidang pembacaan gugatan itu akan digelar. Hanya saja sejauh ini sesuai dengan jadwal masih tetap di tanggal 28 Juni.

“Ya semuanya masih terbuka tetapi sampai sejauh ini memang masih di tanggal 28,” ujarnya.

Pun demikian, Fajar memberikan catatan kepada publik, bahwa jika memang sidang pembacaan hasil gugatan itu digelar lebih cepat dari jadwal yang seharusnya dilakukan, maka tidak akan tiba-tiba saja digelar. Fajar menegaskan bahwa tetap akan dilakukan sesuai dengan mekanisme beracara.

“Tapi sekali lagi kalau pun ada perubahan dipercepat itu tentu tidak bisa sekonyong-konyong. Harus ada mekanisme yang kemudian dijalankan oleh Mahkamah Konstitusi,” tegasnya.

[IBN]

Pos terkait