Di Tengah Padatnya Acara, Mahfud MD Kulineran Khas Nusantara

  • Whatsapp
Mahfud MD
Prof. Mahfud MD saat kulineran di Depot Asih Jaya, Lamongan, Jawa Timur, Minggu (21/7/2019). (Istimewa)

Inisiatifnews – Akhir pekan ini, acara Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Mahfud MD padat betul. Dari mulai menjadi saksi pernikahan hingga menghadiri undangan di sebuah pondok pesantren. Namun, di tengah kesibukannya yang padat, Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan ini masih menyempatkan kulineran khas nusantara.

Sabtu pagi kemarin, Prof. Mahfud MD dan jurnalis senior Karni Ilyas menjadi saksi pernikahan putri dalang nyentrik Sudjiwo Tedjo. Prof. Mahfud dan host acara talk show Indonesia Lawyer Club (ILC) itu menjadi saksi pernikahan putri Sudjiwo Tedjo, Rembulan Randu Dahlia yang menikah dengan Haris Setia Bangsawan.

Bacaan Lainnya

Yang menarik dari acara pernikahan putri Mbah Tedjo, sapaan akrab Sudjiwo Tedjo, Prof. Mahfud menjadi saksi dari keluarga Sudjiwo yang berasal dari suku Madura. Sementara Uda Karni mewakili mempelai pria, Haris, yang berdarah Minang.

“Tadi pagi. Akad nikah anak wadonku @randudahlia (Madura) dan Haris Setia Bangsawan (Minang) dengan tagar #meMinangMadura. Saksinya Prof. @mohmahfudmd (Madura) & Uda @karniilyas (Minang).”

“Slide 2: dengan sarung hadiah muridku @gusmusgusmu bersama Bu Dalang, mengapit mempelai dan saksi,” tulis Mbah Tedjo dalam akun Twitter-nya @sudjiwotedjo.

Prof. Mahfud lewat akun Twitter resminya @mohmahfudmd, bersyukur prosesi pernikahan itu berlangsung lancar menurut agama dan hukum negara. “Alhamdulillah acara mantu mas ⁦@sudjiwotedjo⁩ dengan tajuk #meMinangMadura telah berjalan lancar dan sah menurut hukum agama dan hukum negara. Randu dan Haris sudah menjadi suami isteri. Tapi, di luar soal sah, ada saja yang unik kalau Tedjo buat acara, meskipun acara itu tetap sakral,” kicaunya.

Usai acara, Prof. Mahfud langsung terbang ke Surabaya. Rupanya, ia langsung menghadiri undangan Prof. Muhammad A.S Hikam, eks Menristek era Presiden Gus Dur dalam haul Pondok Pesantren Salafiyah Kodiriyah di Plumpang, Tuban.

Nah, dalam perjalanannya ke Tuban, ia mampir untuk kulineran di warung makan Buk Tiban, Gresik, untuk menyantap Nasi Kerawu khas kota ini. “Setelah jadi saksi akad nikah Haris dan Randu dengan keunikan sang wali mujbir ⁦@sudjiwotedjo⁩, saya langsung terbang ke Surabaya untuk terus ke Tuban memenuhi undangan ke Ponpesnya Pak AS Hikam. Di Gresik mampir makan siang di warung Nasi Kerawu. Pak Hikam, Saya sudah di perjalanan,” kicau Prof. Mahfud menyertakan foto ia tengah berada di warung makan khas Gresik tersebut.

Malam harinya, ia bersama Ketua PWNU Jawa Timur (Jatim) KH Marzuqi Mustamar menghadiri Pengajian Akbar dalam rangka haul ke-36 KH Abdul Fatah Al Manshur di Ponpes Salafiyah Kodiriyah, Plumpang, Tuban. “Almaghfurlah adalah ayahanda mantan Mesristek MAS Hikam. Di sana juga hadir Ket. PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar memberi taushiyah. Mohon pamit, Pak ⁦@mashikam⁩,” kicaunya lagi lewat akun Twitter-nya.

Pagi tadi, Prof. Mahfud melanjutkan perjalanan menuju Bangkalan, Madura. Di tengah perjalanan, Guru Besar Fakultas Hukum UII Yogyakarta ini juga menyempatkan diri sarapan di Lamongan. Ia makan soto khas Lamongan.

“Sarapan di Depot Asih Jaya Lamongan. Soto Lamongan, enak untuk dinikmati. Perjalanan dari Tuban menuju Bangkalan. Ditempuh dengan santai,” tulis Ahli Hukum Tata Negara ini menyertakan foto ia dan sahabatnya tengah menyantap semangkuk soto dengan teh hangat.

Warganet pun antusias mengomentari kegiatan Prof. Mahfud, terutama soal hobinya menyempatkan kulineran khas nusantara saat berkunjung ke berbagai daerah. “Saya selalu senang liat kulinerane panjenengan prof. Bikin pengen. Sekalian promosikan kulineran Indonesia,” cuit akun @anngit_pange.

Netizen @rokoklinting menimpali postingan Prof. Mahfud. “Enak itu prof pagi lebih enak sarapan nasi boranan sih cuman nyari yang enak itu agak ribet soalnya banyak yang jual dan rata-rata di pinggiran jalan hehe,” cuit akun ini memberi tahu.

Warganet lainnya mengomentari sembari mendoakan kesehatan Dewan Pembina MMD Initiative ini. “Selamat menikmati Soto Lamongan memang sudah terkenal enak rasanya. Semoga bapak sehat selalu dan semakin semangat mengabdi demi bangsa dan negara,” doa akun @MaryanaNunung diamini @cuy_ben. “Semangat pagi Pak Mahfud. Semoga sehat selalu pak, amin.” (FMM)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait