Tjahjo Kumolo Sebut Kunjungan Kerja Anies Ke Luar Negeri Clear

  • Whatsapp
tjahjo kumolo
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Inisiatifnews – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan bahwa kunjung kerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku. Bahkan persoalan ijin dan perpanjangan masa kunjungan kerja tersebut juga tidak ada persoalan.

“Kunjungan kerja Gubernur DKI sesuai prosedur dan clear,” kata Tjahjo dalam siaran persnya, Senin (22/7/2019).
Menurutnya, seluruh konteks dalam kunjungan kerja siapapun termasuk Anies Baswedan yang mengetahui adalah mereka. Tjahjo menyatakan bahwa Pemerintah termasuk Kementerian Dalam Negeri tidak pernah menghalang-halanginya.

Bacaan Lainnya

“Yang memahami kunker ke luar negeri adalah kepala daerah sendiri, tidak pernah Kemendagri menghambatnya,” ujar eks Sekjen DPP PDI Perjuangan tersebut.

Selain itu, Tjahjo juga menyayangkan banyak media online yang menulis narasi bahwa seolah dirinya menghalang-halangi kunjungan kerja Anies tersebut. Bagi Tjahjo persoalan itu sudah selesai dan memang terkait dengan prosedural dan ijin untuk Gubernur DKI itu tidak ada perslalan sama sekali.

“Ada beberapa media online yang menulis seolah saya mempermasalahkan kunker ke luar negeri Gubernur DKI. Untuk diketahui, kunjungannya memenuhi syarat dan ada izin dari Kemendagri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mendari Tjahjo juga memberikan catatan bahwa pihaknya akan memberikan ijin kunjungan kerja siapapun kepala daerah, selama prosedur perijinannya dipenuhi, kemudian menyangkut jumlah rombongan yang ikut serta dan tentunya azas manfaat bagi daerah yang dipimpinnya juga menjadi catatan tersendiri yang harus dipegang oleh Kepala Daerah yang bersangkutan.

“Prinsipnya Kemendagri menyetujui izin kunker selama memenuhi ketentuan misalnya jumlah rombongan serta kunjungannya bermanfaat bagi kepentingan daerah, silakan saja,” tutup Tjahjo.

[SOS/RED]

Pos terkait