Jokowi Bagikan Resep Jamu Bugar, Netizen: Apa Ndak Pahit Pak?

  • Whatsapp
20190723 210103

Inisiatifnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap nampak bugar dalam berbagai kegiatan. Apa resepnya? Ternyata tak ada yang istimewa. Eks Walikota Solo ini rutin meminum jamu setiap sejak belasan tahun lalu.

Jamu apa yang diminum? Presiden tak pelit berbagi resep jamu yang bikin badannya bugar itu lewat video singkat yang diunggahnya dalam dua akun media sosialnya, Instagram dan Twitter.

Bacaan Lainnya

Dalam video berdurasi satu menit lebih yang diunggahnya itu, Jokowi memulainya dengan mengungkapkan awal pagi hari di Istana Bogor.

“Pagi hari ini saya akan memulai aktiviitas Kantor. Tapi ini masih di rumah, di Istana Bogor,” ungkap Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan nampak segar ini.

Pria kelahiran Solo, 21 Juni 1961 ini lantas membagikan resep ramuan jamu temulawak yang diminumnya setiap hari. Ternyata caranya sangat sederhana. Bahan-bahan tanaman herbal seperti jahe, kunyit, serta temulawak ditumbuk atau diiris-iris dan diseduh menggunakan air panas untuk kemudian disaring sebelum diminum.

“Biasanya saya kalau pagi itu sebelum beraktivitas, minum jamu. Jamu ini adalah jamu dari campuran temulawak, jahe, kunyit. Jahe ditumbuk, atau dirajang-rajang, temulawan dan kunyit juga, diseduh air panas, disaring kemudian diminum,” terang Jokowi sangat runut.

Presiden Jokowi ngaku rutin minum ramuan jamu ini sejak 17 hingga 18 tahun lalu. Jauh sebelum dirinya menjadi pejabat. Ramuan jamu yang diminumnya setiap hari ini dinilainya bermanfaat bagi kebugaran tubuh.

“Dan sudah saya minum mungkin 17 sampai 18 tahun yang lalu, sampai sekarang. Ingin mencoba? Ya dibuat sendiri, he he he,” kata Jokowi dengan senyum khasnya sembari memegang cangkir seng jaman dulu dengan corak loreng tentara berwarna hijau, kemudian menyeruput ramuan jamunya itu.

Unggahan Jokowi di akun Instagram-nya @jokowi kemarin pagi, sampai tadi malam sudah ditonton 2.925.000 lebih netizen.

“Ingin tahu bagaimana saya menjaga kebugaran tubuh? Tak ada rahasia, tidak ada yang istimewa. Hanya ramuan sederhana semata. Selamat pagi,” tulis Jokowi memberi caption video-nya.

Puluhan ribu komentar membanjiri akun Instagram dengan 22 juta lebih pengikut ini.

“Pak @jokowi ndak pait tah Pak?” tanya netizen @yulianusladung. Netizen pemilik akun @yovitanagong berterimakasih karena sudah membagikan resep jamu yang bikin badannya bugar. “Bapak Jokowi terimakasih membagi resep kesehatan herbalnya.”

Yang lainnya memuji kesederhanaan Presiden. “Cangkir nya Kayak punya Mbah saya, ya Allah Pak Jokowi sederhana banget,” puji @kustianisudianto dibalas akun @pawa_achikanakimora yang yakin, cangkir khas jaman dulu ini bakalan laris. “Besok gelasnya Pak Dhe harganya naik gara-gara dipakai Pak Dhe.” (FMM)

Pos terkait